Kakesbangpol Dorong Terwujudnya Milenial Sehat Tanpa Narkoba

Kakesbangpol Dorong Terwujudnya Milenial Sehat Tanpa Narkoba
Kakesbangpol Dorong Terwujudnya Milenial Sehat Tanpa Narkoba

SERANGKAIAN Kegiatan akan digelar dalam peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2019 Tingkat Kota Bandung. Bakesbangpol Kota Bandung sebagai leading sektor pun bertekad HANI 2019 menjadi penguat dalam mewujudkan Milenial Kota Bandung Sehat Tanpa Narkoba.

Pemkot Bandung melalui Bakesbangpol akan menggelar serangkaian kegiatan peringatan Hari Anti Narkotika Internasional Tingkat Kota Bandung 2019. Hari Anti Narkotika Internasional yang biasa diperingati setiap tanggal 26 Juni ini diharapkan menjadi langkah nyata Pemkot Bandung dalam mewujudkan Milenial Sehat Tanpa Narkoba Menuju Indonesia Emas seperti tema besar HANI 2019 ini.

Kendati peringatan HANI 2019 jatuh pada 26 Juni 2019, namun rangkaian kegiatan tingkat Kota Bandung baru akan digelar 6 Juli 2019 mendatang di Balai Kota Bandung. Tak hanya kampanye bahaya laten narkoba, kegiatan yang juga terselenggara atas kerjasama Bakesbangpol Kota Bandung dan BNN Kota Bandung ini juga akan diisi dengan sepeda santai, dialog interactive, talkshow serta hiburan dari berbagai komunitas termasuk komunitas difable Kota Bandung.

Kepala Bidang Kewasadaan Nasional pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Bandung, Iwan Hernawan didampingi Kasubid Kewaspadaan Dini, Ridwan Hardianto kepada INILAH mengungkapkan, sesuai dengan tupoksi Bakesbangpol dalam menciptakan kondusifitas di Kota Bandung berbagai upaya terus dilakukan termasuk diantaranya melalui pencegahaan peredaran narkoba.

"Sosialisasi terhadap bahayanya penggunaan narkoba bukan hanya sebatas di momomen-momen seperti ini saja. Tapi memang sudah menjadi agenda rutin Bakesbangpol Kota Bandung. Karena dalam setahun kegiatan sosialisasi tentang bahaya narkoba dapat mencapai 7 kali," ungkapnya

Iwan mengatakan, sinergi dalam mewujudkan Kota Bandung yang bebas narkoba juga terus dilakukan dengan berbagai lembaga seperti BNN maupun Satnarkoba Polrestabes Kota Bandung. Namun intinya, merujuk pada tupoksi dan kewenangan, ranahnya hanya sebatas tindakan pencegahan. Karenanya bentuk kegiatan difokuskan pada sosialisasi dan edukasi bagaimana besarnya bahaya narkoba.

"Seperti halnya kegiatan peringatan HANI 2019 tingkat Kota Bandung pada 6 Juli mendatang. Semuanya difoksukan pada bagaimana sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Meskipun target dan sasaran tahun ini lebih pada kelompok milenial, namun Bakesbangpol tetap menyisir seluruh kalangan untuk mewujudkan Kota Bandung bebas narkoba," tegas Iwan.

Lebih lanjut Iwan menambahkan, disamping kegiatan sosialisasi, hasil kerjasama dengan pemerintah pusat dan BNN, Kota Bandung juga kini telah memiliki Kampung Anti Narkoba di Kecamatan Andir.

Sementara terkait kegiatan HANI 2019 tingkat Kota Bandung, Kasubid Kewaspadaan Dini, Ridwan Hardianto mengungkapkan, sesuai dengan teman besar tahun 2019 yakni "Milenial Sehat Tanpa Narkoba Menuju Indonesia Emas, maka agenda peringatan HANI tingkat Kota Bandung 2019 digelar untuk menguatkan kemantapan karakter generasi milenial dalam menghadapi bahaya narkoba, kemudian menggerakan potensi seluruh lapisan masyarakat untuk berperan aktif menciptakan generasi bersih tanpa narkoba serta merekatkan sinergitas lembaga.

"Tema besarnya memang fokus pada kalangan milenial. Namun tentu saja langkahnya tetap fokus pada semua kalangan usia agar Kota Bandung benar-benar mampu membebaskan diri dari bahaya narkoba," ungkapnya.

Yanto sapaan akrabnya Ridwan Hardianto menambahkan, upaya sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait bahaya narkoba menjadi sangat penting. Terlebih, Presiden Joko Widodo sendiri sudah mengatakan Indonesia dalam kondisi darurat narkoba. Sehingga dibutuhkan peran aktif seluruh komponen dalam memerangi narkoba.

"Landasannya jelas. Bapak Presiden kita juga sudah meminta seluruh elemen untuk bahu-membahu memerangi narkoba. Karena itupula, Pemkot Bandung melalui Bakesbangpol terus melakukan berbagai langkah sosialisasi dan edukasi khususnya kepada kalangan dunia pendidikan, sekolah dari berbagai tingkatan serta komunitas-komunitas," pungkasnya. (ghi)

Agenda Kegiatan
Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) Tingkat Kota Bandung 2019
Sabtu, 6 Juli 2019
Balai Kota Bandung
Jl. Wastukancana No.2 Kota Bandung
Mulai Pukul 08.00-13.00 WIB

Milenial Sehat Tanpa Narkoba Menuju Indonesia Emas
#CEGAHNARKOBA2019
#BERANTASNARKOBA2019