Pasar Ciamis Dilalap Api, Puluhan Kios Ludes

Pasar Ciamis Dilalap Api, Puluhan Kios Ludes
Ilustrasi/Inilahkoran

INILAH, Ciamis- Kebakaran menghanguskan puluhan kios di Pasar Manis Ciamis pada Selasa (25/6/2019) malam. Dugaan sementara kebakaran dipicu adanya korsleting listrik.

Meski puluhan kios ludes terbakar, namun aktivitas pasar tetap berjalan normal. Hanya gerbang kios blok B yang terbakar masih ditutup rapat sehingga ratusan pedagang tak berjualan.

Petugas UPTD Pasar Manis Ciamis Sahman mengatakan, bagian dalam blok B yang terbakar untuk sementara ditutup sesuai perintah dari kepolisian. Hal itu dilakukan agar tak ada yang masuk dan guna kepentingan penyelidikan.

Akibat kebakaran, ratusan kios yang berada di blok B bagian dalam terpaksa tidak buka. Sedangkan untuk bagian blok B yang berada di luar masih bisa beraktivitas seperti biasanya. Menurut Sahman total kios yang hangus terbakar sebanyak 8 kios, sedangkan 2 kios hanya setengahnya.

"Untuk sementara bagian dalam blok B ditutup, total ada 113 kios. Mungkin sampai siang atau besok belum ada keputusan, kami menunggu perintah," kata Sahman saat ditemui di lokasi Pasar Manis, Rabu (26/6/2019).

Sampai saat ini puing-puing dan barang dagangan yang terbakar seperti kain dan pakaian masih dibiarkan tergeletak. Pemilik kios enggan membereskan karena sudah tak ada yang bisa diselamatkan.

"Di bagian dalam blok b ini kebanyakan pedagang pakaian, ada juga gudang yang digunakan untuk menyimpan pakaian milik pedagang kaki lima di sekitar pasar," terang Sahman.

Sementara itu Kasat Reskrim Polres Ciamis AKP Hendra Virmanto mengatakan, hasil identifikasi diduga api berasal dari korsleting arus pendek listrik. Api berasal dari kios penjual dan penyepuh emas/perak. Api kemudian menjalar ke kios pakaian yang ada di dekatnya sehingga api dengan cepat membesar dan merembet.

"Jumlah kerugian sementara belum dapat dapat ditaksir. Tidak ada korban jiwa karena pada waktu terbakar pemilik kios sudah meninggalkan kiosnya," papar Hendra. [rok]

Loading...