Pembangunan Tol Bogor Ring Road Seksi IIIA Rampung 27,6 Persen

Pembangunan Tol Bogor Ring Road Seksi IIIA Rampung 27,6 Persen
Progress pembangunan Jalan Tol Bogor Ring Road, Seksi IIIA (Simpang Yasmin-Simpang Semplak) sudah mencapai 27,61 persen hingga 16 Juni 2019 atau minggu ke-25. Pembangunan jalan tol sepanjang 2,65 KM ini sudah memasuki galian struktur beton dan kegiatan pendukung lainnya.

INILAH, Bogor–Progress pembangunan Jalan Tol Bogor Ring Road, Seksi IIIA (Simpang Yasmin-Simpang Semplak) sudah mencapai 27,61 persen hingga 16 Juni 2019 atau minggu ke-25. Pembangunan jalan tol sepanjang 2,65 KM ini sudah memasuki galian struktur beton dan kegiatan pendukung lainnya.

Pimpro PT Marga Sarana Jabar Leona R Legawati mengatakan, hingga pekan ke-25, pembangunan jalan Tol Bogor Ring Road Seksi IIIA ini sudah terealisasi 27,6 persen. Secara angka meleset sekitar 0,25 persen dari target pengerjaan sebesar 27,830 persen.

“Tetapi secara prinsip tidak ada kendala. Di lapangan, pengerjaan berjalan lancar sehingga target selesai pada Desember 2019 bisa tercapai,” kata Leona kepada INILAH, Rabu (26/6/2019).

Menurut Leona, kegiatan Utama pada Minggu ke-25 meliputi galian struktur berupa galian pile cap sebanyak 57 titik, pengerjaan struktur beton, di antaranya borepile, LC Pilecap, pengecoran pier, pengecoran pilecap, pengecoran pier head, box girder, hingga provisional sum berupa relokasi saluran dan renovasi kantor MSJ.

“Untuk mengerjalannya, kita menggunakan sejumlah alat seperti Crawler Crane, Excavator, Breaker, Concrete Pump, Hiab Crane, Roughter Crane 30 T, Roughter Crane 60 T, Roughter Crane 70 T, dan Trailer 12 m. Kendala Lapangan hanya lahan ramp dan frontag masih belum bebas. Akan segera kita tuntaskan,” ujarnya.

Leona menuturkan, pengerjaan di lapangan mulai memasuki tahapan manajemen keselamatan lalu lintas, mobilisasi, pekerjaan pilecap sebanyak 5 titik, pelebaran jalan, box girder 112 unit, pekerjaan pier 7 titik, pekerjaan pier head 6 titik, dan lanjutan renovasi kantor MSJ.

Pembangunan jalan tol BORR seksi IIIA berbeda dengan seksi sebelumnya. Jalan ini akan memiliki tiga lajur. Namun saat pembukaan masih tetap menggunakan dua lajur karena Tol BORR akan terkoneksi dengan jalan Tol Depok Antasari di Salabenda.

Pada Seksi IIIA pun akan terbangun ramp on menuju Simpang Semplak. Lokasinya berada di depan RSIA Suryatni. Kemudian untuk ramp off berada di ujung jalan Tol BORR yang berada sebelum Jembatan Angke.

“Pekerjaan bakal dilaksanakan 24 jam. Target penyelesaian hanya 365 hari terhitung sejak Desember 2018. Pekerjaan ini merupakan proyek strategis nasional yang berkaitan dengan Nawacita Presiden Jokowi,” pungkasnya.

Proyek yang dikerjakan oleh PT Pembangunan Perumahan (PP) itu harus selesai maksimal Desember 2019. Masa pengerjaan konstruksi dikerjakan 24 jam sehingga bisa tuntas sesuai target dan awal tahun 2020 jalan tol ini sudah beroperasi. (Dery Fitriadi Ginanjar)

Loading...