Sebar Maskara ke 120 Desa, Pemprov Jabar Anggarkan Rp49 Miliar

Sebar Maskara ke 120 Desa, Pemprov Jabar Anggarkan Rp49 Miliar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

INILAH, Bandung - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Jawa Barat Dedi Sopandi mengatakan menyiapkan Rp49 miliar guna merakit 120 unit Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara).

Diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar akan membagikan sejumlah kendaraan multifungsi tersebut pada tahun ini.

Saat ini, pihaknya menggodok penyusunan Kerangka Acuan Kerja (KAK) yang akan dilaksanan pada awal Juli nanti.

"Tahun ini sekitar 120 unit disiapkan dibiayai APBD. Dananya sekitar Rp49 miliar akan dilelangkan, sasis dan karoserinya digabung," ujar Dedi, Rabu (26/6/2019).

Adapun 120 desa yang akan diberikan Maskara akan diumumkan ada Juli mendatang. Di mana sejumlah desa itu  merupakan yang mampu meningkatkan status desa berdasarkan indikator desa membangun dari Kementrian Desa. 

"Dalam tanda kutip berprestasi menaikan indikator status desa. Misalnya status desa itu ada mandiri, maju, berkembang, tertinggal, sangat tertinggal. Pada saat desa itu mampu menaikan posisinya, itulah yang akan dipertimbangkan," katanya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan sebanyak dua desa sudah diberikan purwarupa Maskara. Salah satunya yaitu Desa Majasari Kabupaten Indramayu. Desa itu dipilih lantaran jadi pemenang desa nasional tahun lalu.

"Kemarin sudah saya berikan ke dua desa dulu satu di Majalengka satu di Indramayu prototipe-nya. Tahun ini ada sekitar 120-an mobil serbaguna itu," ujar Gubenur karib disapa Emil ini.

Dia memaparkan, terdapat lima fungsi utama dari Maskara ini. Selain sebagai angkutan penumpang, angkutan pertanian, panggung hiburan, fasilitas nonton bareng, hingga mobil klinik desa. 

"Karena jumlahnya terbatas dicicil diberikan ke desa yang punya kriteria berprestasi. Ukuran prestasinya ada di dinas desa. Tentang penyerapan anggaran, multidimensi pembangunan kan ada rapor-nya. Nanti tahun depan (dibeli) oleh anggaran pemerintah," pungkasnya. (Rianto Nurdiansyah)

Loading...