Haaa...? Buffon Kembali ke Juventus?

Haaa...? Buffon Kembali ke Juventus?

INILAH, Turin - Sensasional. Gianluigi Buffon dikabarkan siap kembali ke Juventus dengan transfer bebas dari Paris St Germain.

Kiper berusia 41 tahun ini dikabarkan bakal pulang ke klub di mana dia menghabiskan 17 tahun kariernya. Dia ingin berlatih di bawah pelatih baru Maurizio Sarri.

Gianluigi Buffon sebelumnya sempat dikait-kaitkan dengan klub Inggris, Leeds United. Dia bahkan dikabarkan pula akan kembali ke Parma setelah menghabiskan kontrak yang hanya setahun bersama Paris St Germain.

Tapi, Gianluigi Buffon kini mengalami kemajuan bernegosiasi untuk bergabung kembali dengan Juventus. Menurut Sky Italia, negosiasi sedang berlangsung untuk durasi kontrak setahun.

Rupanya, bukan hanya posisi sebagai kiper cadangan untuk Wojciech Szczesny yang diincar Gianluigi Buffon. Mantan kiper tim nasional Italia itu juga melakukan pembicaraan soal kemungkinan dirinya menjadi direksi Juventus setelah gantung sarung tangan.

Buffon mengawali kariernya bersama Parma dan melakukan debut dalam usia 17 tahun pada 1995. Dia menjadi bagian kejayaan Parma yang saat itu diperkuat Hernan Crespo dan Nestor Sensini.

Setelah enam tahun, dia menjadi kiper termahal di dunia saat bergabung dengan Juventus. Nilai transfernya pada tahun 2001 itu senilai 32 juta pound. Rekor kiper termahal itu bertahan selama 17 tahun sebelum Ederson mematahkannya saat bergabung di Manchester City dengan nilai transfer 34 juta pound.

Buffon yang sudah memenangkan 16 trofi sepanjang kariernya --dua di antaranya gelar Serie A yang dicopot dari Juventus, adalah pemain yang ikut mengantarkan Italia menjuarai Piala Dunia 2016. Di tim nasional Italia, dia tampil 176 kali.

Dia bahkan juga punya pengalaman membawa klub menjalani promosi. Itu terjadi ketika dia mengangkat Juventus dari Serie B ke Serie A Liga Italia pada 2007.

Setelah 17 tahun bersama Juventus, Buffon meninggalkan Turin dan bergabung dengan Paris St Germain. Di sini pun dia memainkan peran kunci bersama Alphonse Areola, membawa klub tersebut menjuarai Ligue 1 keenam dalam tujuh musim terakhir.

Tapi, dia mendapat pengalaman buruk di PSG. Dia dipersalahkan atas lahirnya gol Manchester United yang membuat Paris St Germain kandas di ajang Liga Champions.

Meskipun memiliki opsi memperpanjang kontraknya setahun lagi, Buffon memutuskan menyudahi kariernya di Parc des Princes. Kecintaannya kepada Juventus tak pernah sirna.