15 Tahun, Daftar Tunggu Haji Cimahi Makin Lama

15 Tahun, Daftar Tunggu Haji Cimahi Makin Lama
net

INILAH,  Cimahi - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Cimahi menyebutkan, jumlah daftar tunggu Calon Jemaah Haji (CJH) mencapai 10 ribu lebih. Pihaknya pun meminta agar warga bersabar menunggu jadwal keberangkatan.

Kepala Kantor Kemenag Kota Cimahi Munawir Sulaeman mengatakan, para CJH yang sudah mendaftar harus bersabar menunggu keberangkatan ke tanah suci. Sebab, waktu tunggu keberangkatan haji di Kota Cimahi semakin lama yakni 15 tahun dari sebelumnya hanya 7 tahun.

"Kalau sekarang daftar tunggu itu 15 tahun. Jadi kalau misal sekarang daftar usia 27 tahun, baru bisa berangkat itu usia 42 tahun," terang Munawir saat ditemui di Kantor Kemenag Kota Cimahi, Jalan Kamarung, Rabu (26/6/2019).

Sementara, yang akan diberangkatkan menunaikan ibadah haji tahun ini diakuinya mencapai 561 orang. Kuota keberangkatan itu menurun dibandingkan tahun lalu yang mencapai 580 orang.

Munawir menjelaskan para CJH asal Kota Cimahi itu akan diberangkatkan dalam dua gelombang, yakni 15 Juli dan 2 Agustus mendatang. Gelombang pertama itu ada 410 orang pada kloter 33. Sisanya gelombang dua 151 itu pada kloter 90.

Para calon jemaah haji itu tidak akan langsung diterbangkan ke makkah, melainkan menuju asrama haji terlebih dahulu di Bekasi, Jawa Barat. Untuk transportasi ke asrama haji, Pemkot Cimahi sudah menyiapkannya.

Khusus CJH gelombang dua, kata Munawir, keberangkatannya akan bersamaan dengan calon haji dari wilayah lain seperti Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat (KBB). 

Secara keseluruhan, katanya, semua CJH asal Kota Cimahi sudah siap diberangkatkan ke tanah suci. Persiapan pun sudah dilakukan Kemenag Kota Cimahi, seperti manasik haji.

"Pemeriksaan kesehatan sudah, kerja sama dengan Dinkes. Mereka sudah melalui tes kesehatan baik vaksin dan lainnya, paspor dan visa pun sudah siap," ujarnya. (Ahmad Sayuti)

Loading...