Tiap Hari, Kantor Disnakertrans Didatangi 400 Pencaker

Tiap Hari, Kantor Disnakertrans Didatangi 400 Pencaker
Foto: INILAH/Zainulmukhtar

INILAH, Garut – Sejak Mei 2019, kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Garut tak pernah sepi dari serbuan para pencari kerja (pencaker).

Jumlah pencari kerja yang datang mendaftar untuk mendapatkan kartu angkatan kerja (AK1) alias ‘kartu kuning’ ke kantor tersebut rata-rata mencapai 400 orang. Mereka membutuhkan kartu AK1 sebagai persyaratan mencari peluang kerja, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Menurut Kepala Seksi Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Kabupaten Garut Arief Rachman, jumlah pencaker mengalami peningkatan signifikan seiring banyaknya lulusan baru dari lembaga pendidikan, terutama setingkat SMA/SMK sejak Mei 2019.

“Setiap hari ada sekitar 400 pencaker yang mendaftar,” kata Arief kepada INILAH, Rabu (26/6/2019).

Arief mengatakan, kalau dihitung per Januari 2019, jumlah pencaker yang mendaftar ke Disnakertrans Garut untuk mendapatkan kartu AK1 hingga kini mencapai sebanyak 12.350 orang. Mereka berasal dari berbagai latar belakang pendidikan, terutama SMA/SMK.

Arief menyebutkan, di Kabupaten Garut ada perusahaan membuka lowongan kerja, di antaranya PT Chang Shin Reksa Jaya Leles yang membuka lowongan kerja sebanyak 250 orang sebagai operator.

“Untuk PT Chang Shin ini ditargetkan bisa menyerap lebih dua ribu tenaga kerja hingga akhir 2019. Sedangkan lowongan kerja sebanyak 1.900 operator pada PT Hoga Garmen sebelumnya telah terpenuhi. Kini para calon tenakernya sedang menjalani seleksi,” jelasnya. (Zainulmukhtar)

Loading...