Purwakarta Siapkan Wilayah Barat Jadi Zona Wisata Unggulan

Purwakarta Siapkan Wilayah Barat Jadi Zona Wisata Unggulan
Foto: Net

INILAH, Purwakarta – Wilayah ‎bagian Barat Kabupaten Purwakarta menyimpan banyak keindahan alam. Sebut saja Kecamatan Sukasari. 

Wilayah yang dikelilingi pegunungan 'perawan’ itu digadang-gadang bakal dijadikan tujuan wisata baru oleh pemerintah setempat.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengakui, Kecamatan Sukasari dan sekitarnya memiliki keindahan tersendiri. Gunung-gunung yang menjulang tinggi, serta panorama alam yang masih asri, bisa dikembangankan menjadi destinasi wisata berbasis alam.

"Kami akan ciptakan wilayah ini menjadi zona pariwisata," ujar Anne kepada INILAH, Rabu (26/6/2019).

Menurut Anne, sektor pariwisata akan jauh menguntungkan. Banyak potensi yang bisa dikembangkan, terutama sektor pariwisata. Tentunya, tujuannya untuk meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Anne menuturkan, rencana pengembangan sektor wisata ini cukup realistis. Apalagi, infrastruktur pun sejauh ini sudah mendukung. ‎Karena, pemerintah telah membangun akses jalur darat ke wilayah tersebut yang cukup memadai, yang juga terintegrasi dengan beberap kabupaten lainnya.

Saat ini saja, kata dia, wilayah tersebut ramai dikunjungi para pelancong. Hampir setiap akhir pekan, banyak warga yang sengaja datang ke kecamatan tersebut untuk sekedar menikmati panorama alam yang ada di wilayah ini.

"Infrastrukturnya sudah mendukung. ‎Karena, pemerintah telah membangun Jalur Lingkar Barat yang menjadi akses jalur darat baru ke wilayah tersebut," tambah dia.

Dia menjelaskan, di wilayah tersebut ada beberapa lokasi alam yang mulai banyak dikunjungi wisatawan. Sebut saja salah satunya, Curug Tilu di Kampung Gunung Buleud, Desa Ciririp.

Curug Tilu sendiri, merupakan destinasi wisata baru di Kabupaten Purwakarta. Lokasi wisata ini resmi dibuka pada Maret 2017 lalu. Untuk menuju ke lokasi tersebut, tak sesulit yang dibayangkan. Air terjun yang kini mendapat julukan Grand Canyon-nya Purwakarta ini dapat diakses sekitar 30 menit dari pusat kota. (Asep Mulyana)

Loading...