PDAM Tirtawening Jaring Pelanggan Baru di Gedebage

PDAM Tirtawening Jaring Pelanggan Baru di Gedebage

INILAH, Bandung – PDAM Tirtawening Kota Bandung mulai melakukan sosialisasi penjaringan pelanggan baru untuk wilayah Blok Gegebage. Melalui Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), Blok Gedebage mampu melayani 60 ribu pelanggan baru untuk area perbatasan selatan yang mengarah ke bagian timur.

 

Direktur Utama PDAM Kota Bandung Sonny Salimi menyatakan, jumlah sambungan baru tersebut tergantung dari pemakaian per hari, baik pengguna ataupun jumlah air yang digunakan setiap pelanggan. Namun lewat SPAM Gedebage ini pelayanan air berjalan lancar.

 

"Kapasitas produksi SPAM Gedebage ini 700 liter per detik. Akan selesai Februari 2019.‎ Kira-kira dapat memberikan tambahan pelayanan 50 ribu sampai 60 ribu pelanggan baru," kata Sonny di Kawasan MIM Jalan Soe‎karno Hatta, Rabu (21/11/2018).

 

Sonny menyatakan, SPAM Gedebage merupakan jaringan langsung dari Jaringan Distriusi Utama (JDU) SPAM Cikalong. Kapasitas produksi 700 liter per detik ini mengalir langsung ke sambungan masyarakat.

 

‎"Ini keuntungan bagi bapak ibu karena air yang akan dinikmati tidak melewati banyak wilayah dulu. Kalau dulu mengalir dua hari sekali  atau hanya malam, Insya Allah tidak akan terjadi. Karena dulu yang mengalir merupakan air sisa dari Badaksinga‎, melewati 17 km untuk sampai ke bapak ibu‎," bebernya.

 

‎Sonny menuturkan, jaringan SPAM Gedebage merupakan hasil studi sejak 2016. Sekarang ini pengerjaan infrastruktur sudah mulai mengarah ke wilayah timur.

 

‎"Pipa barunya sedang dibangun jaringan distribusinya mulai dari perempatan Buahbatu menyusuri jalan tol.‎ Nanti air akan mengalir dari belakang untuk semua wilayah sini," ungkapnya.

 

Sonny menuturkan, perkiraan pelanggan di Blok Gedebage mencapai 250 ribu jiwa dengan cakupan empat kecamatan, yakni Bandung Kidul, Buahbatu, Rancasari, dan Gedebage.

 

"Kawasan SPAM Gedebage ini dipetakan sebelah utara batasnya jalan Soekarno Hatta, selatan tol batas kota, ‎sebelah barat Jalan Terusan Buahbatu, timur jalan kabupaten," pungkasnya.