Wow, Ada Temuan Saluran Air Peninggalan Majapahit

Wow, Ada Temuan Saluran Air Peninggalan Majapahit
Foto: Net

INILAH, Jombang – Tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim dijadwal mengecek temuan kanal atau saluran air bawah tanah yang diduga peninggalan kerajaan Majapahit. Kanal dengan struktur bata merah tersebut ditemukan oleh warga di Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Jombang.

“Kita sudah mendapatkan laporan tentang temuan tersebut. Sesuai rencana hari ini kita akan meninjau lokasi. Kita juga melakukan kordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang,” kata Arkeolog BPCB Jatim Wicaksono Dwi Nugroho, ketika dikonfirmasi tentang temuan itu, Senin (1/7/2019).

Bangunan purbakala itu ditemukan warga saat membersihkan sendang. Saat air sendang dikuras, warga menemukan tumpukan dari bata merah tertutup lumpur. Sendang tempat penemuan bangunan kuno itu berada satu area dengan punden yang disakralkan oleh warga setempat. Lokasinya di tengah sawah sekitar 1 km dari permukiman penduduk.

Warga kemudian membersihkan lumpur tersebut. Nah, dari situlah terlihat tumpukan bata merah yang menyerupai struktur bangunan. Strutur bata merah ini mirip saluran air atau kanal, rapi memanjang. Pada bagian tengah terdapat air yang mengalir di kedalaman sekitar 3 meter dari dasar sendang.

Sebelah kiri dan kanannya diapit struktur dari bata merah kuno dengan ketinggian sekitar 3 meter. Lebar celah di antara kedua struktur tersebut bervariasi, antara 50-100 cm. Panjang bangunan yang sudah nampak baru sekitar 10 meter. (beritajatim.com)

Loading...