Brasil vs Argentina, The Real Final!

Brasil vs Argentina, The Real Final!
Ilustrasi/Net

INI duel dua musuh bebuyutan di pentas sepak bola Amerika Selatan. Harusnya, Brasil vs Argentina di final Copa America. Sayangnya takdir berkata lain.

Ya, dua rival abadi itu akan berebut satu tiket ke partai puncak di  Estadio Governador Magalhaes Pinto, Rabu (3/7) pagi WIB. Sebuah pertempuran bertabur bintang!

Di antara sederet nama-nama tenar dari kedua tim, Lionel Messi tetap jadi magnet paling kuat. Banyak yang bertanya-tanya, akankah Messi mengeluarkan penampilan terbaiknya di pertandingan ini.

Sejauh perjalanan Tim Tango hingga ke final, La Messiah masih melempem. Dia baru mencetak satu gol, itu pun dari titik putih.

"Dia berlari dan dia memberikan segalanya. Dia harus terus berlari dan sisanya akan datang. Saya rasa dia baik-baik saja," bela sang kompatriot, Angel Di Maria.

Bagi Messi, laga ini adalah tantangan berat. Sebuah pertaruhan reputasi. Bahkan, bisa jadi berujung mimpi buruk. Tak bisa dibayangkan andai dia kembali gagal mengantarkan Argentina meraih trofi.

Dan bayang-bayang kegagalan kian tampak jika melihat buruknya rekor pertemuan Messi melawan Brasil.

Messi sudah sembilan kali bertemu Brasil. Bintang Barcelona itu merasakan lima kekalahan, tiga kemenangan, dan satu imbang.

Semua kemenangan yang dirasakan Messi atas Brasil terjadi di laga uji coba. Pun dengan semua (4) gol yang mampu dilesakkan ke gawang Brasil terjadi di laga uji coba. Sementara di ajang resmi, Messi selalu menelan kecewa.

Tapi bek Brasil Thiago Silva enggan 'tertipu'. Dia tahu betul, Messi bisa dengan mudah mengubah arah pertandingan. Dan dia akan bekerja keras memastikan itu tak terjadi di laga nanti.

"Kami harus berhati-hati saat memegang bola. Dia (Lionel Messi) akan selalu mencari ruang untuk melakukan serangan balik. Kami harus memperhatikan pergerakan dan kemana dia bisa menyerang. Kami juga harus perhatikan (Leandro) Paredes dan harus selalu memotong semua umpannya," beber Silva, dikutip AS

Silva tak menampik, semua laga saat menghadapi Messi akan berlangsung sulit. Seberapapun kemampuan dalam mengawasi pergerakannnya, baginya Messi akan selalu mampu memberikan kejutan terhadap lawan. 

"Dia adalah pemain terbaik dalam sejarah yang pernah saya lihat dan ini merupakan laga istimewa menghadapinya. Saya tidak pernah melihat Pele, Zico, atau Maradona (saat bermain), saya melihat Ronaldo, Ronaldinho, tapi Messi adalah yang terbaik dari yang saya lihat," tambah Silva. 

Duel Brasil kontra Argentina dilabeli 'final sesungguhnya'. Ya yang memenangi laga akan bertarung melawan pemenang dari duel Peru kontra Kolombia.

Brasil  lolos ke empat besar usai menyingkirkan Paraguay di perempatfinal. Bermain imbang 0-0 di waktu normal, Brasil memastikan kemenangan 4-3 di depan publik sendiri melalui adu penalti.  Sementara itu, Tim Tango mengalahkan Venezuela 0-2 untuk merebut satu tiket ke semifinal. (bsf)

 

HEAD TO HEAD
17/10/18: Argentina 0-1 Brasil
09/06/17: Brasil 0-1 Argentina
11/11/16: Brasil 3-0 Argentina
14/11/15: Argentina 1-1 Brasil
11/10/14: Brasil 2-0 Argentina

LIMA LAGA TERAKHIR BRASIL
28/06/19: Brasil 0-0 Paraguay
23/06/19: Peru 0-5 Brasil
19/06/19: Brasil 0-0 Venezuela
15/06/19: Brasil 3-0 Bolivia
10/06/19: Brasil 7-0 Honduras

LIMA LAGA TERAKHIR ARGENTINA
29/06/19: Venezuela 0-2 Argentina
24/06/19: Qatar 0-2 Argentina
20/06/19: Argentina 1-1 Paraguay
16/06/19: Argentina 0-2 Kolombia
08/06/19: Argentina 5-1 Nikaragua

PRAKIRAAN PEMAIN
Brasil (4-3-3)

Alisson (GK) Alves, Marquinhos, Silva, Luis (B) Arthur, Allan, Coutinho (T) Jesus, Firmino, Everton (D)
Pelatih: Tite
Argentina (4-3-1-2)
Armani (GK) Otamendi, Tagliafico, Pazzela, Foyth (B) Paredes, De Paul, Acuna (T) Messi (ss) Dybala, Martinez (D)
Pelatih: Lionel Scaloni