Bima Arya Gulirkan Kembali Park and Ride

Bima Arya Gulirkan Kembali Park and Ride
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto melakukan peninjauan ke pedestrian di sepanjang Jalan Suryakencana, Selasa (02/07/2019) siang WIB. 

INILAH, Bogor - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto bersama instansi terkait melakukan peninjauan ke pedestrian di sepanjang Jalan Suryakencana, Selasa (02/07/2019) siang WIB. 

Bima meminta proyek pedestarian ini diharapkan segera dilanjutkan serta harus dilakukan sterilisasi trotoar Jalan Suryakencana dari keberadaan Pedagang Kaki Lima (PKL). Selain itu dalam permasalahan parkir digulirkan kembali wacana Park and Ride di Plaza dan Pasar Bogor.

Terpantau, Wali Kota Bogor Bima Arya bersama Kepala Dinas PUPR Chusnul Rozaqi, Dirut PD PPJ Muzakkir, Sekdis UMKM Priyatna Syamsyah dan Lurah Babakan Pasar Rena D, meninjau langsung Pasar Bogor hingga kawasan Gang Aut Jalan Suryakencana. 

Bima menuturkan, ada beberapa skenario pengembangan pasar Bogor dan memindahkan PKL PKL yang ada di Jalan Suryakencana. 

"Semua pedestrian Jalan Suryakencana harus rapi dan tidak boleh ada PKL. Kita akan menghidupkan seluruh gang gang kolidor di Jalan Suryakencana ini untuk menampung PKL," ungkap Bima.

Bima melanjutkan, seluruh PKL disepanjang jalan Suryakencana akan dimasukan kedalam koridor gang-gang disepanjang Jalan Suryakencana menuju ke Jalan Roda. Sedikitnya 140 pedagang yang akan dipindahkan ke gang yang dibangun berbarengan dengan pedestrian.

"Intinya, harus steril dari PKL untuk pedestrian ini. Kami sudah menyiapkan tujuh gang yang bisa menampung sekitar 140 pedagang, kami juga gebcat sosialisasikan terus ke PKL juga masyarakat. Harapannya PKL juga masyarakat mentaati dan mendukung pembangunan pedestrian ini," jelasnya.

Bima membeberkan, terkait masalah anggaran untuk pembangunan pedestrian, telah disiapkan anggaran sebesar Rp14,5 miliar untuk pembangunan pedestrian dan di pos kan di Dinas PUPR. Saat ini lelangnya sedang berjalan sehingga ditargetkan pembangunan pedestrian bisa selesai hingga akhir Desember 2019 nanti.

"Ditargetkan hingga Desember 2019 sudah selesai untuk pembangunan dan sterelisasi jalur pedestrian, selain itu normalisasi kolidor antara Suryakencana dan jalan Roda harus selesai," bebernya.

Bima menambahkan, sementara untuk lahan parkir, apabila nanti kedua sisi sudah dibangun pedestrian, maka parkir kendaraan akan dibuat satu baris pararer di satu sisi. 

"Parkir kendaraan masih ada tapi nanti posisinya satu baris pararel. Kami juga akan menyiapkan Park And Ride di Plaza Bogor nantinya," pungkasnya. (Rizki Mauludi)