3A Senjata Utama Anne Kembangkan Wisata Purwakarta

3A Senjata Utama Anne Kembangkan Wisata Purwakarta

INILAH, Purwakarta – Sistem terintegrasi yang hendak dikembangkan Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, tak lepas dari dasar pengembangan industri pariwisata: 3 A. Apa itu?

Ketiganya adalah soal aksesibilitas, atraksi, dan akomodasi. Dengan 3A itu, Anne Ratna Mustika yakin pariwisata Purwakarta akan kian berkembang.

Untuk aksesibilitas sendiri, dia menjelaskan, di antaranya, yakni dengan melakukan penataan dan penambahan fasilitas di sekitar lokasi wisata. Misalnya, membangun akses jalan yang lebih memadai.

Kemudian untuk akomodasi, lanjut dia, yakni dengan melakukan kerja sama, baik itu dengan pengelola hotel ataupun pengusaha travel. Sehingga, nantinya antara pengelola wisata, penyedia jasa travel dan penginapan bisa saling terhubung atau terintregasi.

Sedangkan, dari sisi atraksi juga tak kalah penting. Dalam hal ini, pemerintah harus melibatkan semua pihak. Salah satunya seniman. Jadi, dalam peningkatan pariwisata ini kesenian daerah harus juga ditonjolkan.

"Tiga hal ini harus bersinergi, sehingga pelayanan kepariwisataan bisa lebih maksimal," pungkasnya.

Menurut Anne Ratna Mustika, dengan pola pariwisata terintegrasi ini, wisatawan bisa menikmati beberapa lokasi wisata dalam satu hari penuh. Dalam hal ini, pihaknya akan menggandeng penyedia jasa travel dan penginapan.

“Misalnya, titik awal mainnya ke Gunung Parang, kemudian berlanjut ke Curug Tilu, lalu kemana lagi yang sudah terhubung, dan berakhir di Taman Sribaduga untuk menonton air mancur. Jadi sistemnya paket,” jelas dia kepada INILAH, belum lama ini. (asep mulyana)
 

Loading...