Calon Haji Tertua Embarkasi Pondok Gede Usia 99 Tahun

Calon Haji Tertua Embarkasi Pondok Gede Usia 99 Tahun
Ilustrasi (Antara Foto)

INILAH, Jakarta - Panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) Embarkasi Pondok Gede, Jakarta Timur, mengatakan Hendra Tolib Saidi merupakan jamaah calon haji tertua dengan usia 99 tahun saat berangkat ke Tanah Suci Mekkah.

"Beliau jamaah haji asal Kota Tangerang Provinsi Banten merupakan paling tua dari jamaah yang berangkat tahun ini," kata ketua PPIH Embarkasi Pondok Gede, Saiful Mujab di Jakarta, Senin (8/7/2019).

Sedangkan untuk jamaah calon haji termuda yaitu Ibnu Ambiya Usman Fazri dengan usia 17 tahun saat berangkat ke Tanah Suci Mekkah.

Ia menjelaskan Marwah Nur Azizah usia 18 tahun jamaah haji asal DKI Jakarta yang sebelumnya sudah berangkat pada kloter satu, sedangkan Ibnu Ambiya Usman Fazri baru berangkat pada kloter empat.

Selain Hendra Tolib Saidi, jamaah calon haji asal DKI Jakarta, Ismail Acmad Bakka (95) juga termasuk masuk kategori tua dengan jadwal keberangkatan kloter tiga.

Ia memastikan seluruh jamaah calon haji yang akan berangkat pada umumnya dalam kondisi sehat. Apalagi, sebelumnya sudah melalui pemeriksaan kesehatan.

"Insya Allah sehat ya, meskipun ini harus mendapat perhatian khusus namun petugas akan selalu memantau kondisi para jamaah haji," katanya.

Sementara itu, jamaah calon haji asal DKI Jakarta Ismail Acmad Bakka (95) mengatakan sudah siap untuk berangkat ke Tanah Suci Mekkah bersama keponakan.

Hanya saja ia mengaku kakinya sedikit dalam kondisi kurang sehat terutama saat berjalan karena beberapa tahun lalu mengalami kecelakaan.

"Alhamdulillah masih sehat meskipun kalau jalan agak sempoyongan karena dulu pernah kecelakaan," ujar dia.

Terkait persiapan ke Tanah Suci Mekkah, ia mengaku memang memiliki persiapan khusus. Selain itu, pria yang pernah bekerja di kapal pesiar tersebut juga tidak merokok. (Antara)