Pemprov Optimis Penuhi Target 13 Juta Ton Gabah Giling

Pemprov Optimis Penuhi Target 13 Juta Ton Gabah Giling
Ilustrasi/Inilahkoran

INILAH, Bandung- Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat, Hendy Jatnika mengatakan pihaknya menargetkan 13 juta ton untuk produksi gabah giling pada  2019 ini. Menurut dia, peluangnya cukup besar untuk merealisasikan hal tersebut. 

Dia katakan, pada musim kemarau ini ada sekitar 500 ribu hektare tanah eksisting yang berpotensi memenuhi target tersebut.

"Diharapkan hasilnya akan lebih bagus dari musim hujan," ujar Hendi, usai acara Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (9/7/2019).

Adapun hingga Juli ini, hasil panen di Jawa Barat mencapai  6,7 juta ton gabah kering giling. Jika dikonversi mencapai 4 juta ton beras. Dia berharap, di tingkat petani pun masih menyimpan gabah yang belum diproses. 

"Kalau saya lihat di penggilingan penggilingan padi masih numpuk gabah gabah yang belum diproses.  Kemudian di tingkat petani juga masih banyak yang menyimpan," katanya.

Menurut Hendy, tumbuhan padi ini akan lebih baik lagi kalau kena sinar matahari sepanjang hari di dibandingkan saat mendung. Karena itu, di optimis produksi padi pada musim kemarau ini pun akan melimpah. 

Selain itu, proses pasca panen saat musim kemarau pun dinilai akan lebih mudah. Terlebih kualitasnya pun tidak akan menurun seperti musim hujan. 

"Kalau sekarang sudah kemarau, kemudian proses panennya Agustus dan Septemner itu sudah kering itu dan akan bagus," katanya. (Rianto Nurdiansyah)

 

Loading...