Bukan Jonggol, Ade Yasin Usulkan Caringin dan Cigombong Jadi KEK

Bukan Jonggol, Ade Yasin Usulkan Caringin dan Cigombong Jadi KEK
Ade Yasin akan mengusulkan Kecamatan Caringin menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). (Reza Zurifwan)

INILAH, Caringin- Bupati Bogor Ade Yasin akan mengusulkan Kecamatan Caringin dan Cigombong menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) kepada Presiden Joko Widodo.

Usulan Ade Yasin, berbeda dengan Badan Kordinasi Penanaman Modal (BKPM)  yang justru menginginkan jonggol yang menjadi KEK.

Di hadapan ribuan masyarakat Caringin, Ibu dua orang anak itu mengatakan akan mengusulkan Kecamatan Caringin menjadi KEK di bidang parawisata hingga berdampak positif ke masyarakat sekitar.

"Saya tak menginginkan Kecamatan Caringin ini menjadi area tambang batu, tanah ataupun air hingga saya akan mengusulkan ke Presiden Jokowi untuk menjadikan wilayah Caringin menjadi KEK Parawisata dan budaya," kata Ade Yasin Rabu (10/7/2019).

Ia menerangkan untuk mendukung KEK di bidang parawisata dan budaya tersebut maka aparatur dan  masyarakat harus menjaga kondisi kekayaan alamnya, termasuk keberadaan Sungai Cisadane.

"Kita harus menjaga kekayaan atau konservasi alam seperti halnya usaha arung jeram maka kondisi Sungai Cisadane juga harus bersih, Sungai Cisadane, sawah dan hutan ini akan menjadi penunjang berkembangnya bidang parawisata," terangnya.

Ade Yasin menuturkan di era kepemimpinannya pembangunan akan dilakukan secara sustainable atau berkelanjutan hingga tidak ada lagi izin untuk usaha tambang terutama yang merusak lingkungan.

"Dengan pembangunan yang berkelanjutan itu untuk anak cucu kita dan kita tak ingin mengekplorasi tambang batu, tanah dan air hingga Kecamatan Caringin dan Kabupaten Bogor mengalami kekeringan. Izin eksplorasi tambang tidak akan mudah dan bagi yang ilegal saya minta Satpol PP untuk menindaknya," tuturnya.

Untuk menjadikan Kecamatan Caringin menjadi KEK, politisi PPP ini berjanji akan mendukung insfrastruktur di desa-desa dengan menganggarkan Rp 1 Milyar perdesa pertahunnya.

"Akses atau indfrastruktur jalan maupun jembatan di desa-desa akan kami bangun, saya menantang kepala desa untuk membuat program pembangunan desa untuk nanti disupport oleh pemerintah daerah berupa Rp 1 milyar perdesa pertahun," lanjut Ade. (Reza Zurifwan)

Loading...