Qualcomm Perkenalkan Chipset Snapdragon 215

Qualcomm Perkenalkan Chipset Snapdragon 215

INILAH, Bandung-Qualcomm baru saja mengumumkan platform mobile Qualcomm 215 sebagai System-on-Chip (SoC) terbarunya.

SoC terbaru dirancang khusus untuk smartphone beranggaran rendah dan merupakan penerus Snapdragon 212 yang diluncurkan oleh perusahaan yang berbasis di San Diego pada Agustus 2015. Ini disebut-sebut sebagai yang pertama dalam jangkauannya dengan CPU 64-bit dan dukungan kamera ganda.

Qualcomm juga menawarkan modem Snapdragon X5 LTE pada Qualcomm 215 SoC untuk mengaktifkan konektivitas VoLTE ganda. Demikian pula, Qualcomm 215 adalah yang pertama dalam seri Snapdragon 200 untuk mendukung platform Android 64-bit serta aplikasi 64-bit. Chipset ini juga dapat menampung pembayaran berbasis NFC.

Diklaim menawarkan kinerja hingga 50 persen lebih cepat, Qualcomm 215 SoC didasarkan pada arsitektur 64-bit baru yang memiliki empat inti ARM Cortex-A53 pada kecepatan clock maksimum 1.3GHz.

Ada juga GPU Adreno 308 yang dinilai untuk meningkatkan kinerja gaming hingga 25 persen dari pendahulunya.

Produsen dapat memilih untuk RAM LPDDR3 hingga 672MHz dan kapasitas 3GB. Lebih lanjut, chipset mendukung penyimpanan eMMC 4.5 dan SD 3.0 (UHS-I).

Dalam hal konektivitas, Qualcomm telah menyediakan modem Snapdragon X5 LTE bersama dukungan untuk LTE Cat 4. Ada juga Wi-Fi 802.11ac terintegrasi dengan MU-MIMO.

Pilihan konektivitas lainnya termasuk Bluetooth v4.2, GPS / A-GPS, OTDOA, GLONASS, dan Beidou.

Qualcomm 215 SoC menggunakan prosesor sinyal gambar 12-bit (ISP) ganda yang memungkinkan dukungan untuk pengaturan kamera belakang ganda dan modul kamera depan tunggal dengan sensor hingga 13 megapiksel.

Chipset ini juga mampu merekam video full-HD (1080p) dan mendukung panggilan suara EVS (Ultra HD).

Qualcomm telah menyediakan Hexagon DSP terintegrasi pada Qualcomm 215 SoC untuk pemrosesan audio dan sensor. DSP juga diklaim memberikan waktu pemutaran musik 5 hari plus. Selain itu, SoC dinilai menawarkan lebih dari 10 jam pemutaran video.

Qualcomm 215 SoC mendukung panel tampilan HD + (720x1560 piksel) dengan rasio aspek 19,5: 9.

Ada juga dukungan Qualcomm Quick Charge untuk memberikan pengalaman pengisian daya hingga 75 persen lebih cepat daripada implementasi tradisional.

"Kami meningkatkan standar untuk perangkat pasar massal dan pengalaman yang memungkinkan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam seri 2," kata Kedar Kondap, Wakil Presiden Manajemen Produk, Qualcomm Technologies, dalam sebuah pernyataan.

Pihak Qualcomm mengatakan bahwa Snapdragon 215 SoC ditargetkan untuk smartphone Android antara US$75-US$120. Perangkat komersial dengan SoC baru akan debut akhir tahun ini. (inilah.com)

Loading...