Astronot Kulit Hitam Pertama Afrika Tewas

Astronot Kulit Hitam Pertama Afrika Tewas

INILAH, Bandung-Belum juga mewujudkan mimpinya, seorang pria asal Afrika Selatan yang akan menjadi astronot kulit hitam pertama dari Afrika di luar angkasa, dilaporkan tewas karena kecelakaan sepeda motor.

Mandla Maseko, 30 tahun, tewas pada Sabtu pekan lalu (6/7/2019), sebut pernyataan keluarganya seperti dilansir BBC.

Mendiang Maseko, yang merupakan personel Angkatan Udara Afsel, terpilih pada 2013 sebagai salah satu dari 23 peserta calon astronot di akademi antariksa di AS. Saat itu, dia mengalahkan 1 juta pelamar.

Di Pusat Antariksa Kennedy, negara bagian Florida, AS, Maseko menghabiskan waktu selama sepekan guna menjalani tes persiapan penerbangan sub-orbit selama satu jam. Penerbangan ke luar angkasa tersebut awalnya akan dilaksanakan pada 2015, namun kemudian diundur hingga saat ini.

Semasa hidupnya, Maseko selalu menggambarkan dirinya sebagai bocah biasa dari Pretoria. Dia mengaku dirinya ingin melakukan sesuatu yang memotivasi dan menginspirasi anak muda di Afrika dan membuktikan mereka bisa mencapai apapun, terlepas dari latar belakang mereka.

Dia pernah mengatakan kepada BBC bahwa dirinya berencana memanggil mereka dari luar angkasa.

"Saya harap saya punya satu baris kalimat yang akan dipakai selama bertahun-tahun ke depan seperti yang dilakukan Neil Armstrong," ujarnya.

Neil Armstrong, manusia pertama yang berjalan di Bulan pada 1969, meninggal dunia 2012 lalu pada usia 82 tahun.

Ketika berjalan di permukaan Bulan, dia berkata: "Itu satu langkah kecil untuk pria, satu lompatan besar untuk umat manusia."

Pria kulit hitam pertama yang dicalonkan sebagai astronot adalah seorang perwira Angkatan Udara AS, Robert H. Lawrence, Jr. Dia meninggal dunia pada 8 Desember 1967 setelah pesawat F-104 Starfighter yang ditumpanginya jatuh, beberapa bulan setelah dipilih menjadi astronot.

Adapun astronot kulit hitam pertama yang pergi ke luar angkasa adalah warga AS bernama Guion Bluford, yang berangkat ke luar angkasa pada Agustus 1983. (inilah.com)