Rekayasa Lalin Sukajadi, Yana: Untuk Mengurai Kemacetan

Rekayasa Lalin Sukajadi, Yana: Untuk Mengurai Kemacetan
(Bambang Prasethyo)

INILAH, Bandung - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung bersama Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Bandung melakukan uji coba rekayasa lalu lintas kawasan Sukajadi. Selama satu pekan terhitung sejak 11 Juli 2019, arus kendaraan Jalan Sukajadi dan Jalan Cipaganti akan mengalami perubahan besar.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengungkapkan uji rekayasa lalu lintas diterapkan setelah melalui proses pengkajian bersama Dishub Kota Bandunng dan Polrestabes Bandung selama hampir dua bulan.
"Sudah dilakukan simulasi juga. Tapi ini semata-mata kita ingin mengurai kemacetan yang biasa terjadi di kawasan ini," ujar Yana pada Kamis (11/72018).

Pihaknya sudah memantau kawasan Sukajadi, Setiabudi, Cipaganti dan semuanya lancar. Sumber titik kemacetan awal Jalan Cipaganti dilarang ke Utara, semua harus belok ke kiri arah Jalan Pasteur atau ke arah kanan.

"Dan ini juga macet juga di persimpangan Jalan Paskal dan Pasteur, kita akan berlakukan kontraflow karena dari Jalan Eyckman ke arah selatan itu relatif sepi, kita akan buat satu jalur, kita buat kanal," imbuhnya.

Yana mengungkapkan, pihaknya akan meminta traffic light di persimpangan. "Hari ini sih kita maunya lancar, besok mungkin saja banyak orang luar kota Bandung yang mungkin tidak tersosialisasikan, tapi nanti kita akan lengkapi rambu dan petugas di titik mana saja yang diperlukan," imbunya.