Deden Terpukul

Deden Terpukul
Kiper Persib Bandung, M Natshir Fadhil Mahbuby. (Net)

INILAH, Bandung - Terpukul, itulah yang dirasakan kiper Persib Bandung, M Natshir Fadhil Mahbuby saat harus merasakan kaki kirinya yang mengalami fraktur atau patah tulang. Apalagi tak hanya tulang kering (tibia), namun tulang fibula juga mengalami patah. 

Dokter tim Persib Bandung, Mochamad Rafi Ghani mengatakan bahwa saat itu kiper yang akrab disapa Deden itu sedang merasakan nyaman dalam memerankan tugasnya sebagai penjaga gawang Persib di laga melawan Persija Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Rabu (10/7/2019).

Terbukti, beberapa peluang berbahaya yang dilesatkan Macan Kemayoran mampu ditepisnya dengan baik.

Namun di menit ke-33, Deden mengalami benturan dengan pemain Persija, Bruno Matos hingga akhirnya tidak bisa melanjutkan pertandingan karena mengalami patah tulang di kaki kirinya. 

"Pada saat dampingi memang Deden terlihat terpukul. Tapi saya sudah kasih tahu yang namanya musibah kita tidak tahu, pasti ada hikmah dibalik itu semua. Saya hanya bisa bilang ke Deden sabar optimis dan kuat supaya proses pemulihan cepat," ungkap Rafi, Kamis (11/7/2019).

Rafi mengatakan bahwa Deden merasakan sakit yang berlebih saat pertama kali kaki kirinya mengalami patah tulang. Alhasil kiper bernomor punggung 1 itu langsung dilarikan ke satu di antara Rumah Sakit yang ada di Jakarta sesuai dengan rekomendasi Panpel Persija.

"Setelah dilakukan tindakan rontgen dan dipastikan memang ada gambaran patah tulang di sepertiga atau di bagian tulang tibia dan tulang fibula kaki kirinya. Kan ada dua tulang tuh di tungkai bawah. Dan dua-duanya patah, baik itu tulang tibia ataupun fibulanya," bebernya. 

Dari hasil itu, Deden akhirnya direkomendasikan untuk menjalani operasi tepat pada pukul 01.00 WIB dan berakhir pada pukul 04.55 pagi tadi. 

"Secara teori masa pemulihannya enam bulan. Tapi saya berharap bisa lebih cepat asal pada saat rehabilitasi tidak ada komplikasi apa-apa dan semuanya sesuai dengan harapan," tuturnya. 

Tidak mudah, lanjut Rafi untuk bisa menyembuhkan kondisi tulang untuk kembali seperti semula. Perlu beberapa tahapan agar Deden bisa kembali membela Persib Bandung.

"Yang pasti dalam prosesnya tidak boleh menapakan kaki lebih dulu selama enam minggu, terus harus pakai tongkat. Nanti ada masanya lepas tongkat satu, belum otot-ototnya bagian yang cedera harus dilatih lagi. Memang butuh waktu. Tapi mudah-mudahan kurang dari enam bulan," jelasnya. (Muhammad Ginanjar)

Loading...