Kasus Novel, Iwan Bule Ngaku Tidak Diperiksa

Kasus Novel, Iwan Bule Ngaku Tidak Diperiksa
Foto: Net

INILAH, Jakarta - Mantan Kapolda Metro Jaya Komjen M Iriawan membenarkan pernah bertemu dengan tim pakar bentukan Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk mengungkap kasus teror penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan.

Iwan Bule sapaan akrabnya mengaku hanya dimintai klarifikasi, bukan diperiksa. Begini penjelasannya.

"Sebetulnya nggak diperiksa, kalau diperiksa itu kan di BAP, di klarifikasilah jadi dia tanya kenapa Novel, saya bilang pernah ke kantor saya ya diakan bekas polisi junior saya, kebetulan orang dekatnya dia ada Haji Arif namanya itu anak buah saya waktu dia masih menjadi anggota di Polda Metro gitu. Sahabatnya Novel sekarang Haji Arif sudah jadi wakil bupati kebumen dia sudah tidak jadi polisi, kemudian kita diskusi di kantor terkait dengan penanganan kasus-kasus oleh KPK bisa nggak kita kolaborasi. Itu subtansi pertama obrolan kita dengan novel," cerita Iriawan saat dihubungi, Kamis (11/7/2019).

Iwan Bule mengaku mengklarifikasi soal namanya yang dikaitkan dengan kasus Novel. Eks Kapolda Metro yang kini menjabat dudukan sebagai Sestama Lemhanas ini mengaku tak takut karena merasa tak tahu menahu soal kasus teror terhadap penyidik senior di KPK itu.

"Nah TGPF nanya itu, nah TGPF mungkin nanya Novel pernah ketemu pak Iriawan itu yang saya jelaskan ke TGPF jadi saya klarifikasi, kalau diperiksa itu pake BAP. Makanya saya tenang aja orang saya nggak tahu apa-apa buat saya ngapain terlalu saya tanggapi," jelasnya.

Iwan Bule juga mengakui pernah beberapa kali bertemu Novel membahas soal penanganan kasus KPK dan Polri saat ia menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya.

"Nah mungkin TGPF mungkin merasa saya tahu kasusnya novel, saya bilang nggak tahu. Kemudian ditanya lagi, kapan lagi pernah ketemu, saya jawab pernah kerumahnya (novel) diajak pak Arif juga, waktu itu karena anaknya lahir yang namanya umar, saya silaturahmi ya itu aja udah," ucapnya.

Tim Pakar bentukan Kapolri Jenderal Tito Karnavian akhirnya membuka sosok jenderal bintang 3 yang diperiksa terkait kasus penyiraman air keras terhadap penyidik KPK, Novel Baswedan. Adalah eks Kapolda Metro Jaya, Komjen M Iriawan yang diperiksa.

"Iya (betul), sudah lama diperiksa," kata anggota tim pakar, Hendardi saat dihubungi, Kamis (11/7/2019).

Hendardi mengatakan Komjen M Iriawan atau akrab disapa Iwan Bule diperiksa sebagai saksi. Iwan Bule ditanya karena disebut-sebut dalam kasus teror terhadap Novel.

Soal isi pemeriksaan tersebut, Hendardi enggan menjawabnya. Ia meminta publik bersabar karena pekan depan tim pakar akan membuka hasil investigasi. "Minggu depan baru diumumkan ya," katanya. (INILAHCOM)

Loading...