Bupati Cellica Lirik Potensi Wisata di Kawasan Hutan Mangrove

Bupati Cellica Lirik Potensi Wisata di Kawasan Hutan Mangrove
Foto: Asep Mulyana

INILAH, Karawang - Pemkab Karawang melirik potensi lain yang bisa dikembangkan di wilayah pesisir pantai selain dari sektor perikanan. Yakni, potensi wisata dengan memanfaatkan keberadaan hutan mangrove.

Bupati Karawang Cellica Nurachadiana menuturkan, pihaknya berkomitmen untuk mengembangkan seluruh potensi wisata yang ada di wilayahnya. Tentunya, tujuannya untuk mendongkrak perekonomian masyarakatnya.

"Di kita sebenarnya banyak potensi wisata yang bisa digali dan lebih di kembangkan,"ujar Cellica kepada INILAH, Kamis (11/7/2019).

Dia pun mengakui, wilayah pesisir yang masuk kabupatennya ini tersembunyi potensi cukup besar yang bisa dikembangkan menjadi obyek wisata. Salah satunya, seperti yang ada di kampung nelayan, Desa Sukakerti, Kecamatan Cilamaya Kulon.

"Di kampung ini ada hutan Mangrove yang cocok jadi lokasi wisata. Ini memang tidak ujug-ujug, tapi merupakan pohon hasil penanaman warga setempat beberapa tahun lalu," jelas dia.

Kini, menurutnya ada sebanyak kurang lebih 90 ribu pohon mangrove yang ditanam di 20 hektare lahan pesisir pantai yang ada di desa tersebut. Alhasil, saat ini di pesisir pantai itu terdapat hutan mangrove cukup lebat.

Menurutnya, keberadaan hutan mangrove tersebut menjadi daya tarik tersendiri. Mungkin, setahun terakhir lokasi tersebut baru menjadi sebuah obyek wisata di wilayah itu. Meski baru setahun dibuka untuk umum, kunjungan ke lokasi ini mulai membludak.

"Hutan mangrove di wilayah itu menjadi destinasi eko wisata. Ini menjadi berkah tersendiri bagi warga di daerah itu yang mayoritas adalah nelayan," jelas dia.

Cellica menambahkan, di lokasi wisata hutan mangrove ini sudah terdapat banyak fasilitas. Misalnya, lahan untuk berkemah dan pemancingan. Tak hanya itu, di lokasi tersebut juga terdapat area khusus bagi mereka pecinta snorkeling dan Diving.

"Di lokasi ini ada area khusus yang memiliki terumbu karang cukup indah. Ini cocok bagi mereka yang hobi snorkeling atau diving," tambah dia.

Dia juga menambahkan, ke depan pihaknya akan menata akses menuju jalur wisata ini. Termasuk, akan memperlebar jalannya dan menambah jembatan penyebrangan.

"Sejauh ini jalannya cukup bagus dibanding 5 tahun lalu. Kedepan, kita tinggal mengupayakan pelebaran jalannya," pungkasnya. (Asep Mulyana)