Wali Kota Tasikmalaya Lepas 404 Calhaj Kloter 9

Wali Kota Tasikmalaya Lepas 404 Calhaj Kloter 9
Foto: Istimewa

INILAH, Tasikmalaya – Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman melepas 404 calon jamaah haji dari kloter 9 tahun 2019 Kota Tasikmalaya. Acara pelepasan bertempat di Gedung Dakwah Islam Kota Tasikmalaya, Senin (10/7/2019), dihadiri Sekda Kota Tasikmalaya, Ketua MUI Kota Tasikmalaya, Ketua Kementerian Agama Kota Tasikmalaya, unsur Forkopimda, unsur Muspika, dan calon jamaah haji.

Menurut Budi, calon jamaah haji Kota Tasikmalaya tahun 2019 mencapai 674 orang. Tetapi jamaah terbagi dalam 3 kloter, yaitu kloter 9 sebanyak 404 jamaah, kloter 43 sebanyak 220 jamaah, dan kloter 50 sebanyak 50 jamaah. Selurunya diberangkatkan oleh PPIH Kota Tasikmalaya.

“Dari tahun ke tahun, peran pemerintah dalam penyelengaraan haji terus ditingkatkan. Sebagai informasi tahun ini, kami telah menyelesaikan Peraturan Daerah Kota Tasikmalaya Nomor 3 Tahun 2019 tentang Pelayanan Jamaah Haji di Kota Tasikmalaya yang menjadi landasan hukum dalam penyelenggaraan haji,” katanya.

Budi berpesan kepada para calon jamaah haji supaya melaksakan ibadah haji sesuai ilmu manasik haji secara tulus dan ikhlas. Kemudian menjaga kesehatan fisik sehingga mampu melaksanakan seluruh rukun haji dengan sempurna.

“Hormati dan taatilah segala ketentuan perundang-undangan serta peraturan yang berlaku selama menjalankan ibadah haji di Mekkah. Untuk masyarakat Kota Tasikmalaya, kita berkewajiban mendoakan calon jamaah haji semoga selamat sampai tujuan dan kembali mendapatkan gelar haji mabrur dan makbul di hadapan Allah SWT,” ujarnya.

Kepala Kementerian Agama Kota Tasikmalaya Hilmy Riva’i mengucapkan, terima kasih dan penghormatan setinggi tingginya kepada Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman dan seluruh jajarannya atas dukungan dan bantuan penyelenggaraan haji. Dari tahun ke tahun, Pemerintah Kota Tasikmalaya selalu memberikan dukungan terutama melalui bantuan dana hibah.

“Seluruh jamaah haji mendapatkan fasilitas kendaraan bus gratis dari Kota Tasikmalaya. Jamaah haji paling tua di Kota Tasikmalaya berusia 88 tahun bernama Jaja Bin Jamal dan paling muda berusia 22 tahun bernama Leli Prasetia. Jumlah Kota Tasikmalaya sampai tanggal 5 Juli 2019 berjumlah 12.521 orang, maka daftar tunggu jamaah haji Kota Tasikmalaya adalah 22 Tahun dengan tambahan kuota dari pemerintah daftar tunggu jamaah haji di Kota Tasikmalaya menjadi 20 Tahun,” jelasnya. (*)