Siswa Baru SMA Darul Hikam Ikuti Camp Al-Quran

Siswa Baru SMA Darul Hikam Ikuti Camp Al-Quran
Camp Al-Quran di SMA Darul Hikam Bandung
Siswa Baru SMA Darul Hikam Ikuti Camp Al-Quran

INILAH, Bandung - Sekitar 80 siswa baru SMA Darul Hikan Bandung mengikuti Camp Al-Quran guna mengetahui kemampuan dasar mereka dalam membaca Al-Quran.

Tim Pendidikan Agama Islam SMA Darul Hikam, Pupu Farida mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari Taqwa Character Building (TCB) for New Student yang dilaksanakan pada 10-12 Juli 2019.

"Karena kita meskipun notabene sekolah Islam, tapi siswa yang baru masuk kan heterogen, ada yang dari sekolah negeri maupun berbasis Islam. Maka, semua unit di sekolah Darul Hikam," kata Pupu kepada INILAH di Kampus SMA Darul Hikam, Dago Giri Bandung, Rabu (11/7/2019).

Adanya kegiatan ini, kata Pupu, mampu menyamakan kemampuan dasar siswa baru dalam membaca Al-Quran. Selain itu, bisa mendata kemampuan baca maupun hafalan Al-Quran siswa baru SMA Darul Hikam. 

Adapun, rangkaian kegiatannya meliputi, melakukan placement test yang dikelompokkan berdasarkan daftar hadir yang di dalamnya dicantumkan capaian siswa baru, sudah berapa juz membaca Al-Quran. Setelah itu, baru ada Tahsin yakni dasar membaca Al-Quran kemudian masuk ke dalam hafalan Al-Quran. 

"Biasanya metode ini dilakukan di pesantren. Sedangkan untuk menghafal baru nanti disetorkan ke hafiznya masing-masing," ujarnya.

Bagi siswa yang pencapaian baca suratnya sudah baik maka dikelompokkan ke dalam Tahasus, yakni siswa yang sudah mencapai baca Al-Quran 19 juz. 

Berkenaan dengan penerimaan siswa baru. Pada pendaftaran siswa baru tahun ajaran 2019/2020, SMA Darul Hikam hanya mengalokasikan 100 siswa.

Sampai saat ini sudah terdaftar sekitar 80 siswa yang berasal dari seluruh nusantara dengan metode pembelajarannya mereka dikategorikan ke dalam 4 kelas. "Karena memang kuota menargetkannya tidak lebih dari 100 siswa," ujarnya.

Menurutnya, Darul Hikam menerapkan konsep kelas kecil berbeda dengan tingkat SD sampai SMP Darul Hikam reguler dalam 1 kelas maksimal 25 siswa. Sedangkan, Darul Hikam Primary dan Secondary hanya terdiri dari 15 siswa dalam 1 kelas. 

Dia menambahkan, selain menimba ilmu, Darul Hikam juga akan membentuk karakter setiap siswa. Hal itu sesuai dengan visinya, yakni berakhlak dan berprestasi. 

"Kita punya program TCB diharapkan bisa menerapkan sikap ikhlas, sabar, amanah, disiplin, peduli, cerdas dan ikhsan," pungkasnya. (Okky Adiana)