Kontribusi Mahasiswa UPI untuk Citarum Harum

Kontribusi Mahasiswa UPI untuk Citarum Harum
(Okky Adiana)

INILAH, Bandung - Sampah dan sungai telah menjadi salah satu permasalahan Kota Bandung. Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung pun telah menjalankan beragam upaya untuk menyelesaikan masalah sampah termasuk turut menyukseskan program Citarum Harum.

Keberadaan sungai di Kota Bandung menjadi sangat vital karena memberikan dampak besar apabila tidak dijaga dengan baik.

Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UPI, Yadi Ruyadi menyatakan, 623 mahasiswa UPI siap diterjunkan di Kota Bandung dalam KKN Tematik Citarum Harum 2019. Mereka akan bertugas di wilayah Sektor 22 Satgas Citarum Harum.

“Kita akan mengemas program KKN di Kota Bandung menjadi KKN Tematik Citarum Harum. Sebanyak 623 mahasiawa akan ditempatkan di 11 kecamatan atau di 58 kelurahan yang masuk ke wilayah sektor 22,” ucap Yadi.

Yadi mengungkapkan, mahasiswa UPI telah dibekali misi untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga aliran sungai. Dengan gerakan yang masif oleh para mahasiswa ini diharapkan lebih mampu menjangkau sasaran.

“Ketika menangani masalah Citarum kalau tidak dari DAS ini berat, jadi harus mulai dari hulu. Salah satu hulunya itu anak dan cucu sungai citarum dan ternyata di Kota Bandung jumlahnya banyak dan masalahnya kompleks, seperti banyaknya sampah domestik dari keluarga,” katanya. (Okky Adiana)