BPJS Kesehatan Pantau Implementasi JKN-KIS di Bandung

BPJS Kesehatan Pantau Implementasi JKN-KIS di Bandung
Foto: Yogo Triastopo

INILAH, Bandung - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan melakukan kunjungan ke sejumlah daerah. Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan Maya A Rusady mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk memantau langsung implementasi Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di lapangan.

Di Bandung, kegiatan diselenggarakan di SMKN 3 Bandung Kota Bandung, Jumat (12/7/2019). Menurutnya, dari audiensi yang dilakukan mayoritas penerima bantuan iuran mengeluhkan soal minimnya akses informasi. 

"Dari aspek pelayanan tidak ada persoalan. Tapi, dari sisi informasi itu masyarakat banyak yang mengeluh minimnya sosialisasi," kata Maya.

Menurutnya, kunjungan kerja itu pun untuk menerima keluhan dari masyarakat. Kebanyakan, penerima bantuan iuran tidak memiliki banyak pengetahuan soal program jaminan kesehatan sosial termasuk prosedur mendapatkan pelayanan kesehatan.

Dia mencontohkan salah satunya saat peserta BPJS Kesehatan mendapat gangguan kesehatan, dalam situasi darurat, dan soal tata cara pembuatan kartu untuk anak yang baru lahir.

"Tentu dengan pertemuan seperti ini, kami sangat berterimakasih karena kami ingin mendengar langsung suara masyarakat tentang pelaksanaan JKN-KIS di berbagai tempat," ucapnya. 

Dalam rangakaian HUT ke-51 BPJS Kesehatan, dia menyebutkan jajaran direksi dan senior leaders BPJS Kesehatan menyambangi sejumlah wilayah di Indonesia. Tujuannya untuk memantau langsung implementasi JKN-KIS serta menjaring aspirasi masyarakat setempat demi menyempurnakan jalannya program jaminan kesehatan sosial. 

"Masyarakat punya peran besar mengawal Program JKN-KIS bisa terus berjalan. Salah satunya dengan menjaga agar yang sehat tetap sehat dan yang sakit tidak bertambah parah. Ini sederhana, tapi tantangannya luar biasa karena tergantung komitmen kita sendiri," ujar dia. (Yogo Triastopo)