Pemkot Cimahi Sayangkan Adanya Pembuangan Limbah 'Siluman'

Pemkot Cimahi Sayangkan Adanya Pembuangan Limbah 'Siluman'
ilustrasi/net

INILAH, Cimahi - Pemkot Cimahi menyayangkan masih adanya pembuangan limbah 'siluman' atau tersembunyi yang dilakukan pengusaha industri. Pemkot pun mengajak seluruh pebgusaha untuk komitmen akan program Citarum Harum.

Wakil Wali Kota Cimahi Ngatiyana mengaku adanya penemuan pembungan limbah tersembunyi 'siluman' harus jadi pelajaran bagi para pelaku industri di Kota Cimahi.

"Para pengusaha industri kudu berkomitmen menjalankan program Citarum Harum itu, karena semua untuk kepentingan masyarakat," katanya di Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Jumat (12/7/2019).

Menurut Ngatiyana, semua perusahaan di Kota Cimahi harus memiliki budaya malu dan cinta. Budaya malu karena membung limbah sembarangan, dan budaya cinta terhadap masyarakat supaya tidak terkena dampak dari pembuangan limbah itu.

Sebab, jika masih ada perusahaan yang membuang limbah secara sembarangan, seperti tanpa proses Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) itu akan membahayakan bagi masyarakat. 

Ngatiyana pun memerintahkan para pelaku industri agar memperbaiki IPAL-nya. Jangan sampai membuang limbah secara langsung tanpa disaring terlebih dulu. Sebab, dampaknya akan mencemari sungai.

"Mohon untuk pengusaha industri dipatuhi. Jangan sampai membuang limbah ini masih ada yang sembarangan karena dampaknya sangat besar sekali terhadap kehidupan masyarkat," ujarnya. (Ahmad Sayuti)