Final Piala Afrika 2019: Senegal vs Aljazair

Final Piala Afrika 2019: Senegal vs Aljazair
Foto: Net

INILAH, Jakarta - Piala Afrika 2019 telah memainkan pertandingan semifinal, Senegal dan Aljazair memastikan tempat di final.

Senegal harus bersusah payah menyingkirkan Tunisia. Dalam pertandingan yang berlangsung di 30 June Stadium, Senin (15/7/2019) dini hari WIB, Senegal bermain selama 120 menit untuk memastikan kemenangan 1-0.

Dalam laga tersebut, Tunisia sebenarnya punya peluang unggul terlebih dulu di menit ke-75 setelah bek Senegal, Kalidou Koulibaly melakukan handball. Namun, tendangan Ferjani Sassi mampu digagalkan kiper Senegal.

Pada menit ke-80, giliran Senegal yang mendapat penalti setelah Dylan Bronn melanggar Ismaila Sarr. Tetapi, Henri Saivet juga tak bisa mencetak gol.

Senegal baru bisa memecah kebuntuan di menit ke-100 di babak perpanjangan waktu. Gol semata wayang Senegal tercipta setelah Bronn melakukan gol bunuh diri.

Drama kemudian terjadi pada menit ke-115. Tunisia sempat mendapat penalti setelah Idrissa Gueye dinilai melakukan handball. Namun wasit membatalkan keputusan tersebut usai melihat VAR.

Sampai wasit meniup peluit panjang, skor 1-0 bagi keunggulan Senegal atas Tunisia tak berubah. Hasil tersebut memastikan Senegal ke final menghadapi Aljazair.

Aljazair melaju ke final setelah menang 2-1 atas Nigeria. Aljazair membuka keunggulan di menit ke-40 setelah William Troost-Ekong membuat gol bunuh diri. Nigeria menyamakan skor lewat sepakan penalti Odio Ighalo.

Aljazair memastikan kemenangan di menit ke-95, adalah Riyad Mahrez jadi pahlawan. Sepakan bebas pemain Manchester City gagal dihentikan kiper Nigeria. Skor 2-1 bertahan hingga laga usai.

Final Piala Afrika 2019 antara Senegal versus Aljazir akan berlangsung pada Jumat (19/7/2019) malam waktu setempat. Sedangkan pertandingan perebutan tempat ketiga mempertemukan Tunisia dan Nigeria pada Rabu (17/7/2019). (INILAHCOM)