Ceu Eti, Relawan Khusus Cek Akurasi UTTP

Ceu Eti, Relawan Khusus Cek Akurasi UTTP
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika bentuk tim khusus yang bertugas untuk mengecek akurasi alat Ukur Takar Timbang dan Perlengkapan (UTTP). (Asep Mulyana)

INILAH, Purwakarta - Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika bentuk tim khusus yang bertugas untuk mengecek akurasi alat Ukur Takar Timbang dan Perlengkapan (UTTP) yang digunakan para pedagang. Tim yang didominasi “emak-emak” itu sengaja dibentuk guna meminimalisasi kerugian konsumen.

“Ini bentuk kepedulian dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat, minimal menekan kecurangan timbangan,” ujar Anne kepada INILAH, Senin (15/7/2019).

Anne menjelaskan, pasukan khusus UTTP ini diberi nama ‘Ceu Eti’ atau kepanjangan dari Cek Ukuran Akurasi Timbangan. Adapun alasan direkrutnya ibu-ibu rumah tangga ini karena mereka biasanya lebih teliti. Apalagi jika sedang berbelanja di pasar tradisional.

“Komunitas emak-emak kalau urusan belanja apalagi di pasar kan itu cukup teliti,” jelas dia. Anne berharap, dengan adanya pasukan khusus ini bisa meminimalisasi kecurangan timbangan yang dilakukan oleh orang yang tak bertanggung jawab. Sehingga, masyarakat yang berbelanja merasa aman serta terlindungi.

Untuk perannya sendiri, kata dia, pasukan Ceu Eti ini nanti bertugas menyosialisasikan serta memberikan pemahaman kepada masyarakat yang akan berbelanja, termasuk kepada para pedagang di pasar.

“Nah, emak-emak ini mengimbau kepada konsumen-konsumen di pasar bahwa teliti dulu sebelum membeli dilihat dulu ada tidak tanda tera timbangannya,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Purwakarta, Karliati Djuanda menambahkan, relawan Ceu Ati dibentuk untuk mengampanyekan pentingnya timbangan yang pas. Relawan ini akan disebar ke seluruh pasar di Purwakarta.

“Untuk saat ini, kita baru menyebar rewalan Ceu Eti di Pasar Leuwi Panjang. Dalam sosialisasi itu, kami juga melibatkan juru ukur termasuk ahli reparasi alat timbang,” ujar dia. (Asep Mulyana)