Jakarta Tuan Rumah Formula E 2020

Jakarta Tuan Rumah Formula E 2020
Foto: Net

INILAH, Jakarta - Jakarta akan menjadi tuan rumah kejuaraan mobil listrik dunia Formula E 2020. Hal ini diketahui dari unggahan di media sosial Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Balapan Formula E di Jakarta akan berlangsung di lintasan sirkuit jalan raya. Kepastian Jakarta bakal menggelar balapan tersebut didapat setelah tim Formula E sudah melakukan studi lapangan pada 8-9 Juli lalu.

"Alhamdulillah, berhasil! Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E di pertengahan tahun 2020," demikian tulisan Anies dalam akun Instagram-nya.

"Selepas World Cities Summit di Medellin, langsung terbang ke New York untuk tuntaskan negosiasi dengan lembaga pengelola Formula E."

Formula E merupakan balap mobil single-seater serupa Formula 1, namun menggunakan mesin bertenaga listrik yang lebih ramah lingkungan. Balapan Formula E untuk pertama kalinya digelar pada 2014-2015 silam.

Pada balapan Formula F musim 2018-19 ada 13 seri yang digelar. Di Asia tercatat ada tiga negara yang menjadi tuan rumah yaitu Arab Saudi, Hong Kong, dan Cina. Jean-Eric Vergne merupakan juara dunia musim lalu.

Mantan pebalap tim Ferrari di F1, Felipe Massa, pernah menjajal persaingan di Formula E. Mobil generasi Formula E bisa melaju hingga 280 km/jam. Pabrikan mobil top dunia seperti Audi, Jaguar, Nissan dan BMW sudah terlibat dalam ajang ini. (INILAHCOM)