Akhir Juli Pemerintah Akan Evaluasi PPDB

Akhir Juli Pemerintah Akan Evaluasi PPDB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. (Antara Foto)

INILAH, Tangerang - Pemerintah akan mengevaluasi hasil Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 dengan sistem zonasi pada akhir bulan Juli.

Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan, tindak lanjut evaluasi akan dimulai dengan duduk bersama dinas pendidikan di seluruh Indonesia.

Muhadjir menjelaskan, meskipun pelaksanaan sistem zonasi pada tahun ini belum berjalan lancar sepenuhnya namun bukan berarti akan dihentikan. Pemerintah tetap akan menggunakan sistem zonasi pada PPDB tahun depan demi melanjutkan pembenahan pendidikan.

"Untuk PPDB setelah ini akan dipikirkan, dan dinas seluruh Indonesia untuk menjamin anak yang tidak tertampung di sekolah," kata Muhadjir kepada wartawan usai sidak ke beberapa sekolah di Kabupaten Tangerang, Banten, Senin (15/7/2019).

Dia melanjutkan, sistem zonasi memudahkan pemerintah dalam menginventarisasi serta memverifikasi kondisi sarana dan prasarana satuan pendidikan di setiap daerah. Sehingga kondisi yang masih kurang dapat diintervensi supaya ke depannya dapat menjadi lebih baik. 

"Setiap hari dievaluasi dan akhir Juli sudah mendapatkan masukan dari perbaikan PPDB tahun depan. Saat ini sedang proses," kata mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu. (Daulat Fajar Yanuar)

Loading...