DJP Jabar I Genjot Layanan Pajak Berbasis Online

DJP Jabar I Genjot Layanan Pajak Berbasis Online
istimewa

INILAH, Bandung - Pada akhir pekan lalu, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jabar I bersama 10 Kantor Pelayanan Pajak (KPP) menggelar kegiatan senam sehat di area Car Free Day (CFD) Dago.

Kepala Kanwil DJP Jabar I Neilmaldrin Noor mengatakan, kegiatan sebagai peringatan Hari Pajak itu digela kedua kalinya pada. Setiap 14 Juli diperingati warga sebagai Hari Pajak. Dia menyebutkan, dipilihnya 14 Juli itu atas dasar munculnya kali pertama pembahasan pajak dalam rapat Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). 

"Peringatan Hari Pajak ini merupakan momentum positif bagi perbaikan atau penyempurnaan sistem perpajakan dan institusi Direktorat Jenderal Pajak," kata Neil, belum lama ini. 

Menurutnya, titik momentum penyempurnaan sistem perpajakan itu merupakan reformasi perpajakan. Sejauh ini, perbaikan itu memasuki jilid tiga dengan fokus pada lima pilar yakni organisasi, SDM, IT, basis data, dan regulasi. 

"Sebagai contoh, ada perubahan struktur organisasi yang minggu lalu baru selesai dilaksanakan. Itu terkait pembentukan dua direktorat baru yaitu Direktorat Data dan Informasi, serta Direktorat Teknologi Informasi dan Komunikasi," ucapnya. 

Neil menuturkan, pihaknya pun terus melakukan perbaikan dalam membangun sistem informasi core tax yang reliable dan andal. Sistem ini untuk mengolah data perpajakan yang akurat berbasis teknologi sesuai dengan core business DJP. 

"Selain itu, kita pun melakukan perluasan layanan berbasis online seperti e-filing, e-faktur, e-billing, e-SPT dan lainnya yang cukup familiar dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat wajib pajak," sebutnya. (Yogo Triastopo)

Loading...