Kaget, Dua Kiper Persib U-20 Dipanggil Tim Senior

Kaget, Dua Kiper Persib U-20 Dipanggil Tim Senior
Sugeng Rahayu dan Aldho Pamungkas dipanggil gabung dalam sesi latihan Persib. (Muhammad Ginanjar)

INILAH, Bandung- Kaget dan tak disangka-sangka! Itulah yang dirasakan Sugeng Rahayu dan Aldho Pamungkas. Kedua kiper Persib U-20 ini dipercaya untuk ikut bergabung bersama tim senior.

Meski hanya dipercaya sebagai pelengkap latihan menyusul cederanya M Natshir Fadhil Mahbuby yang mengalami cedera panjang akibat patah kaki, bagi mereka itu merupakan sebuah kebanggaan. 

"Tentunya saya bangga bisa masuk Persib. Tapi saya berharap bisa menjadi bagian dari mereka (Persib senior)," ungkap Sugeng, kiper asal Kabupaten Pangandaran, Selasa (16/7). 

Senada diungkapkan Aldho. Kiper yang masih berusia 19 tahun berharap bisa menjadi bagian dari Persib dalam mengarungi kompetisi kasta tertinggi.

"Tentunya harus memberikan yang terbaik dan menunjukan kemampuan. Mudah-mudahan bisa naik (ke senior)," harap Aldho. 

Sementara itu, pelatih kiper Persib, Gatot Prasetyo mengatakan bahwa tidak diperlukan promosi untuk kiper Persib U-20 ini. Sebab aturan membebaskan pemain junior bergabung dengan tim senior.

"Kalau dari U-20 sudah pasti (gabung) karena aturannya masih bisa naik turun karena masih satu development.

Artinya setiap saat kalau kita mau bertanding setiap saat sudah bisa melengkapi skuat," ujar Gatot. 

Namun, Gatot tidak menjamin keduanya untuk bisa terus bergabung dengan tim atau bahkan sampai ikut terlibat di Liga 1 2019.  Sebab kiper Persib U-20 masih perlu banyak belajar. 

"Aqil saja belum kebagian banyak dalam sisi experience nya. Bagus atau engganya kan dia tertempa di kompetisi. Dan kompetisi juga tidak kontinyu karena pemain juga tidak banyak keuntungan dari situasi itu. Akhirnya dia hanya berlatih berlatih dan berlatih tanpa banyak kesempatan belajar di kompetisi. Itu yang menjadi kendala kita," bebernya.

Gatot berkeinginan kiper tambahan itu memiliki kualitas yang selevel dengan I Made Wirawan dan bahkan M Aqil Savik. Alasannya agar ketiganya bisa bersaing untuk bisa menjadi pilihan pelatih di setiap pertandingannya.

"Yang menghubungi ada, dari tim bagus sampai tim biasa. Mereka mengungkapkan ingin pindah (ke Persib). Tapi itu baru secara pribadi, kalau secara tim, apakag memberi atau tidak. Bagaimana MoU dia dengan klub apakah boleh meninggalkan klub," tuturnya. 

Namun demikian, Gatot tak mau terus larut memikirkan kiper pengganti M Natshir. Sebaliknya kini ia harus fokus lantaran Persib masih dihadapkan dengan banyak pertandingan. 

"Sekarang saya fokus dulu ke pertandingan dan berharap kita doakan supaya seperti apa yang kita harapkan.

Made bisa dengan backup Aqil. Idealnya ada tambahan karena sepak bola semua bisa terjadi. Kemarin saja tiga kiper masih kurang, sekarang tinggal dua. Bisa saja akumulasi atau amit-amit cedera," pungkasnya. (Muhammad Ginanjar/bsf)