Kabinet Baru Thailand Dilantik, Militer Tetap Kuat

Kabinet Baru Thailand Dilantik, Militer Tetap Kuat
Foto: Net

INILAH, Bangkok – Kabinet baru Thailand telah dilantik, membentuk suatu pemerintahan yang dipilih setelah militer berkuasa selama lima tahun, tetapi tetap mempertahankan kekuasaan di tangan sekutu-sekutu yang sama di militer. VOA melaporkan, Rabu (17/7/2019).

Prayuth Chan-ocha, yang menjabat panglima Angkatan Darat sewaktu merebut kekuasaan dalam kudeta tahun 2014 dan kemudian menjadi pemimpin junta serta perdana menteri, kembali bertugas sebagai perdana menteri. Kali ini ia dipilih melalui pemungutan suara legislatif setelah partai-partai promiliter mendapat suara mayoritas dalam pemilu Maret lalu.

Pemilu itu diselenggarakan berdasarkan undang-undang yang dibuat junta pimpinan Prayuth yang bertujuan untuk melemahkan partai-partai politik yang sudah mapan. Para kritikus menyatakan pemilu itu tidak demokratis dan direkayasa untuk memperpanjang kekuasaan militer dan sekutu-sekutu konservatifnya.

Seorang juru bicara pemerintah mengatakan Raja Maha Vajiralongkorn memimpin upacara pengambilan sumpah 36 anggota kabinet pada hari Selasa kemarin. (INILAHCOM)