Karyawan PD PPJ Guyub, Program Direksi Berjalan

Karyawan PD PPJ Guyub, Program Direksi Berjalan
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - PD Pasar Pakuan Jaya (PPJ) membuat beberapa gebrakan diusianya yang ke 10 tahun, salah satunya pendapatan parkir yang meningkat hingga 400%. Hal itu disampaikan Dirut PD PPJ Muzakkir saat perayaan HUT ke-10 PD PPJ di Gedung PPIB, Kota Bogor, Rabu (17/7/2019).

Muzakkir mengatakan, sebenarnya ulang tahun PD PPJ tanggal 7 Juli kemarin, tetapi perayaan tanggal 17 Juli 2019. Kado ulang tahunnya adalah kondisi kondusif didalam internal, sudah dilakukan pergantian pejabat internal setelah assesment.

"Ini sudah bisa berjalan dengan baik, pembenahan tengah dilakukan. Komunikasi dengan pedagang terjalin baik, buktinya perwakilan tiap paguyuban pasar hadir. Kami hadir membantu pedagang. Kemarin pembongkaran dan pengelasan kios dk beberapa pasar sebagai kedekatan dengan pedagang," ungkap Muzakkir.

Muzakkir melanjutkan, pihaknya tengah melakukan kajia uji tarif karena banyak piutang pedagang, tapi saat ini mulai rajin dibayarkan pedagang piutang maupun pembayaran rutinnya. Kajian yang dibuat nantinya memetakan dan menghitung tingkat kemampuan harga yang bisa dijangkau pedagang. Karena PD PPJ mengutamakan kebersihan pasar dan parkir ditata, karena sumber pendapatan yang besar PD PPJ saah satunya parkir.

"Kami sudah tunjuk pengelola parkir dan ada kenaikan parkir hampir 400 persen. Kami lakukan kerjasama Dengan Dinas Koperasi dan UMKM menertibkan PKL dimasukan ke dalam pasar. Hal yang telah berhasil dilakukan kami juga adalah blok F Pasar Kebon Kembang tengah dilakukan pembongkaran, bulan Agustus 2019 bisa dilakukan pembangunan. Tahun depan pedagang bisa masuk berjualan di blok F," tambahnya

Ia menjelaskan, inovasi terbarunya adalah Cash Manajemen Sistem (CMS) yang sudah diterapkan oleh pasar Sukasari dan akan diterapkan pasar lainnya bulan ini, jadi pembayaran servis charge bisa dilakukan dimana saja dengan sistem bayar di bank. Direksi baru PD PPJ juga fokus pada pemilahan sampah di pasar, terdata setiap harinya persentase sampah organik 90 persen dan 10 persen non organik. 

"Kami bisa tanpa sampah plastik karena sampahnya saja banyaknya organik, tanpa plastik sudah berjalan di pasar Sukasari dan Jambu Dua. Kami juga tengah merancang revitalisasi pasar Pamoyanan, Sukasari, Taman Kencana, Jambu Dua, Merdeka, Cumpok dan Tanah Baru. Kedepan PKL tidak ada lagi yang berjualan di pinggir jalan, tempat berjualan didalam pasar," bebernya.

Masih kata Muzakkir, selain revitalisasi, saat ini tengah dirancang juga program alih fungsi Plaza Bogor jadi kawasan hijau dan Pasar Bogor akan jadi tempat parkir juga pasar tematik. 

"Dengan program-program yang akan berjalan, kami berterimakasih kepada media yang telah menyalurkan aura positif untuk mensupport program direksi. Tapi yang utama adalah program pertama direksi membuat internal guyub satu suara, kata dan satu intruksi," tegasnya.

Ditempat yang sama, Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, dihari ulang tahun PD PPJ, dirinya mengingat pelantikan spektakuler direksi PD PPJ baru saat hujan badai, kondisi pelantikan bisa dikatakan seperti apa yang akan dihadapi dalam tugasnya. Tapi, selama mengemban amanah tidak akan 'masuk angin' karena kepentingan politik atau kepentingan pribadi. Program juga langkah yang dijalankan saat ini, merupakan janji direksi saat pertama kali dipanggil oleh wali kota.

"Ini bagus, direksi terus melakukan inovasi, dilihat dalam lima bulan terlihat hasil yang baik. Sudah ada langkah konkrit menata Otista tanpa ekses. Saya berapa kali berdebat dengan pedagang blok F, tapi akhirnya memagar bersama," tuturnya.

Bima menambahkan, meski begitu program PD PPJ harus dilakukan Singkronisasi bersama rencana Pemkot Bogor. Karena pemerintah tidak pernah ada bahasa menggusur tanpa selau ada alternatif, pedagang dimuliakan membuat pelanggan nyaman seperti di Pasar Kebon Kembang serta Plaza juga Pasar Bogor nanti.

"Kami siapkan dahulu, karena itu melakukan revitalisasi pasar-pasar yang ada. Kami petakan, kami putuskan beberapa langkah. Maka itu kami coba kembangkan Pasar Sukasari dengan Jambu Dua," pungkasnya. (Rizki Mauludi)