Kemarau, Damkar Cimahi Pastikan Pasokan Air Aman

Kemarau, Damkar Cimahi Pastikan Pasokan Air Aman
Ilustrasi/Net

INILAH, Bandung- Meski sudah memasuki kemarau, Damkar Kota Cimahi menjamin pasokan air untuk keperluan pemadaman kebakaran aman. Tecatat ada tiga titik mata air yang siap pakai.

Danru Damkar Kota Cimahi Indrahadi mengatakan, ada tiga titik  sumber air yang hingga kini debitnya masih tinggi meski sudah memasuki musim kemarau. Ketiganya yakni hydrant PDAM Tirta Raharja, hydrant di depan gapura Taman Mutiara dan sumber air dari pihak swasta yakni PT Enggal yang berada di Jalan Industri.

"Alhamdulillah sejauh ini debitnya masih aman tidak terkendala musim kemarau. Hanya saja debit air kecil untuk di titik sumber air dari PDAM," katanya saat dihubungi, Rabu (17/7/2019).

Selain hydrant, pihaknya juga masih bisa memanfaatkan debit air yang ada di aliran sungai di Kota Cimahi. Di kawasan Cimahi Selatan misalnya, kendati airnya kotor tercemar limbah tapi masih bisa digunakan jika darurat.

Untuk mata air yang dimiliki industri, baru PT Enggal yang bisa dipakai yang lainnya kondisional. Misalkan ada kebarakan besar dan sangat darurat membutuhkan pasokan air, biasanya mereka mengizinkan untuk Damkar mengambil airnya.

Indra mengungkapkan, untuk kota Cimahi sebenarnya tiga titik mata air untuk pemadaman masih kurang. Terlebih di Cimahi masih banyak kawasan padat penduduk, walaupun ada sumber air lain. Kendalanya susah menjangkau jika terjadi kebakaran di kawasan padat penduduk. (Ahmad Sayuti)