Setiap Jumat ialah Hari Raya, Semua Bergembira

Setiap Jumat ialah Hari Raya, Semua Bergembira

APAKAH bermaksiat atau berbuat dosa di malam Jumat makin besar dosanya dibanding malam atau hari lainnya? Karena kita tahu bahwasanya malam Jumat adalah malam yang mulia sebagaimana siang harinya. Berikut di antara keutamaan hari Jumat:

1- Hari Jumat memiliki peristiwa-peristiwa penting

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Hari yang baik saat terbitnya matahari adalah hari Jumat. Hari tersebut adalah hari diciptakannya Adam, hari ketika Adam dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika Adam dikeluarkan dari surga. Hari kiamat tidaklah terjadi kecuali pada hari Jumat." (HR. Muslim, no. 854)

2- Hari Jumat adalah hari yang paling afdhal

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Tidaklah matahari terbit dan tenggelam pada suatu hari yang lebih utama dari hari Jumat." (HR. Ahmad, 2: 272. Syaikh Syuaib Al-Arnauth menyatakan bahwa sanad hadits ini shahih sesuai syarat Muslim. Perawinya tsiqah -kredibel-, termasuk dalam perawi shahihain selain dari Ala bin Abdurrahman)

3- Hari Jumat adalah hari ied kaum muslimin

Dari Anas bin Malik radhiyallahu anhu, Nabi shallallahu alaihi wa sallam pernah bertanya pada Jibril, "Hari apa ini?" Jibril pun menjawab, "Hari ini adalah hari Jumat yang Allah jadikan sebagai ied (hari raya) bagimu dan umatmu." (HR. Abu Yala dalam musnadnya. Syaikh Muqbil bin Hadi Al-Wadii rahimahullah menyebutkan dalam Ash-Shahih Al-Musnad mimma Laysa fi Ash-Shahihain, 86 bahwa hadits ini hasan)

[baca lanjutan]

Loading...