Brrrr, Suhu Udara di Kertasari Kab. Bandung 2,9 hingga 9 Derajat Celcius

Brrrr, Suhu Udara di Kertasari Kab. Bandung 2,9 hingga 9 Derajat Celcius
Tanaman yang ditumpangi embun akibat suhu dingin di kawasan Kertasari, Kabupaten Bandung. (Dani R Nugraha)

INILAH,Bandung- BMKG Bandung menyatakan jika suhu dingin di wilayah Bandung Raya mencapai titik terendah hingga 16 derajat celsius. Di Kabupaten Bandung, tepatnya di daerah pegunungan  di Kecamatan Kertasari, suhu dingin lebih rendah dari itu.

Salah seorang warga Kertasari, Adit Rukmana mengatakan,  suhu dingin di wilayah Kertasari yang tercatat mencapai titik terendah 9 derajat celcius. Kondisi suhu yang dirasakan tersebut berlangsung saat dini hari. 

"Kalau di Bandung 13 derajat celcius, kalau di Kertasari alhamdulillah 9 derajat celcius tadi subuh mah," kata Adit aat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (18/7/2019). 

Adit mengatakan, data suhu dingin tersebut diperoleh dengan melihat aplikasi cuaca yang ada di telepon genggamnya. Katanya kondisi tersebut sudah berlangsung sejak satu pekan terakhir. Kata dia,  cuaca dingin begitu dirasakan oleh masyarakat. Meski begitu, aktivitas masyarakat tetap berjalan seperti hari-hari biasa saat kondisi cuaca dalam kondisi biasanya.

Yanto (35) salah seorang warga Kertasari lainnya menambahkan, akibat suhu ekstrim ini hingga embun yang membeku menjadi es pada rumput-rumput dan daun-daun tanaman. 

"Dari pagi kemarin sudah banyak teman saya yang mengupload (status WA) dan membagi foto dan video di grup (WAG). Jadi saat mereka ke kebun di daerah perkebunan teh, seperti ada embun es," katanya.

Menurutnya embun membeku tersebut terjadi di beberapa wilayah di Kecamatan Kertasari, di antaranya di Desa Tarumajaya dan Desa Neglawangi. Berdasarkan termometer yang dipasang di sebuah green house perkebunan, suhu di Kertasari mencapai 2.9 derajat celcius. Sementara menjelang siang suhu kembali normal di angka 17-22 derajat celcius. 

Peneliti cuaca dan iklim BMKG Provinsi Jawa Barat, Muhamad Iid Mujtahiddin mengatakan berdasarkan pantauan alat pengukur suhu udara di Stasiun Geofisika Bandung. Selama bulan Juli, suhu udara terendah sebesar 16,4 derajat celcius sementara di pos observasi geofisika Lembang tercatat 13 derajat celcius.

Iid mengatakan puncak musim kemarau terjadi pada bulan Agustus-September dengan karakteristik suhu udara dingin dan kering. Pihaknya mengimbau kepada masyarakat tetap menjaga kondisi badan agar tetap fit.

"Saat bepergian ke luar rumah selalu mengenakan baju hangat atau jaket. Kemudian perbanyak mengonsumsi buah-buahan serta sayuran," katanya. (Rd Dani R Nugraha).

 

Loading...