Majukan Budaya, Kab. Bogor Didorong Susun PPKD

Majukan Budaya, Kab. Bogor Didorong Susun PPKD
(Reza Zurifwan)

INILAH-, Megamendung- Direktorat Jendral Kebudayaan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia mendorong Kabupaten Bogor menyusun Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD).

Staf khusus PPKD Direktorat Jendral Kebudayaan Indra Eka mengatakan dari 514  kabupaten atau kota SeIndonesia baru 337 kabupaten atau kota yang sudah menyerah PPKD, namun Kabupaten Bogor belum menyerahkan PPKD ke Kementerian Parawisata.

"Karena Kabupaten Bogor belum menyerahkan atau menyusun PPKD kami hari ini mendorong Kabupaten Bogor membuat PPKD," kata Indra di Hotel Bahtera kepada wartawan, Kamis (18/7). 

Pria alumni Jurusan Arkeologi Universitas Indonesia ini menambahkan banyak keuntungan jika pemerintah daerah sudah menyerahkan PPKD salah satunya adalah mendapatkan bantuan dana.

"Prasyarat Dinas Kebudayaan dan Parawisata (Disbudpar) daerah mendapatkan dana alokasi khusus  dari Kementerian Keuamgan dan dana abadi kebudayaan dari Kementerian Parawisata adalah sudah memiliki PPKD, oleh karena itu jika kebudayaan kabupaten Bogor ingin maju segeralah menyusun PPKD," tambahnya.

Indra menerangkan penyusunan PPKD tidak hanya tugas dari Disbudpar tetapi juga tugas budayawan setempat, Ia pun berharap Kabupaten Bogor membentuk tim penyusun.

"Tim penyusun yang baik itu ada unsur Disbudpar dan budayawan lokalnya,  dengan adanya dokumen PKKD berikut bantuan anggaran kami yakin kesenian dan kebudayaan yang sudah atau hampir punah itu bisa direvitalisasi hingga 'hidup' lagj," terangnya.

Ayah satu orang anak ini melanjutkan agar tidak tumpang tindih, Pemerintah Kabupaten Bogor berkordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat terkait PPKD masing-masing.

"Agar tidak tumpang tindih Pemerintah Kabupaten Bogor sebelum menyusun PPKD bisa melihat PPKD milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat, kalau bahan-bahan dokumennya masih kurang bisa belajar dari Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Jawa Barat,"  lanjutnya. (Reza Zurifwan)