Mocrosoft Jadi Perusahaan Termahal Saat Ini

Mocrosoft Jadi Perusahaan Termahal Saat Ini
Foto: Net

INILAH, New York - Perusahaan A, memiliki US$ 110 miliar dalam pendapatan tahunan, diperkirakan akan tumbuh hingga US$125 miliar pada tahun berikutnya; US$30 miliar dalam laba tahunan, diperkirakan akan tumbuh hingga US$35 miliar.

Perusahaan B, memiliki US$110 miliar dalam pendapatan tahunan, diperkirakan akan tumbuh hingga US$ 130 miliar; US$30 miliar dalam laba tahunan, diperkirakan akan tumbuh sekitar US$32 miliar.

Tampak sangat mirip, kan? Satu perusahaan menumbuhkan penjualan lebih cepat, yang lain menumbuhkan laba lebih cepat, tetapi penilaian tampaknya tidak terlalu berbeda.

Ya, mereka berbeda sekitar seperempat triliun dolar. Perusahaan A adalah Microsoft Corp. MSFT, -0,59%, saat ini satu-satunya perusahaan AS yang bernilai lebih dari US$1 triliun menuju laporan pendapatannya Kamis sore. Perusahaan B adalah perusahaan induk Google, Alphabet Inc. GOOGL, -0,58% GOOG, -0,63%, yang nilainya kurang dari US$800 juta dengan tarif berlaku, seperti mengutip marketwatch.com.

(Angka pendapatan Alphabet dalam tes buta itu tidak termasuk biaya perolehan lalu lintas, karena tidak ada yang mudah bagi keuangan Google).

Itu hanya setahun yang lalu bahwa perdebatan tentang kapitalisasi pasar triliun dolar berfokus pada Apple Inc. AAPL, -0,56% dan Amazon.com Inc. AMZN, -0,89%. Dengan alasan yang bagus: Apple adalah yang pertama yang melampaui batas. Amazon telah menggodanya beberapa kali dan hanya US$20 miliar pada penutupan Rabu.

Tetapi Microsoft telah memegang posisi itu dengan sendirinya selama lebih dari sebulan sekarang, berkat satu alasan sederhana: Masih tumbuh penjualan dan laba sehat dari basis besar, dan diharapkan untuk tetap di jalur itu untuk sementara waktu.

Dari Desember: Apple dan cloud berpacu untuk menjadi perusahaan teknologi paling berharga di dunia

Nama-nama Teknologi Besar lainnya tidak dapat membuat klaim yang sama, setidaknya tidak pada tingkat yang sama. Amazon memiliki rekor laba US$10 miliar tahun lalu, lebih dari tiga kali lipat dari angka sebelumnya, sementara masih sepertiga dari laba bersih Microsoft.

Tetapi harapan untuk lebih mengandalkan Chief Executive, Jeff Bezos terus menahan diri untuk tidak membelanjakan banyak uang, yang belum menjadi bagian dari rekam jejaknya sebelum tahun lalu. Sedangkan penjualan dan laba Apple membuat semua orang malu, mereka berdua diperkirakan akan menurun dengan persentase yang agak menyeramkan tahun ini.

Lalu ada Google dan Facebook Inc. FB, -1,00%, nama-nama pertumbuhan besar dalam teknologi selama bertahun-tahun. Google menunjukkan penurunan mengejutkan dalam pertumbuhan kuartal terakhir, membanting sahamnya dan menciptakan kesenjangan saat ini dengan Microsoft.

Facebook terus tumbuh, tetapi pengeluaran seperti gila untuk karyawan dan denda pemerintah sementara terjebak di ladang ranjau kontroversi, dan setiap investor menghabiskan malam takut akan ledakan berikutnya.

Pratinjau penghasilan Microsoft lengkap: Penilaian triliun dolar adalah perbankan untuk melanjutkan pertumbuhan cloud

Keempat perusahaan tersebut saat ini menghadapi investigasi antimonopoli, sementara Microsoft menjalankan lomba itu 20 tahun yang lalu. Sementara itu, produk cloud-nya, Azure, mendapat tawaran besar dan menantang Layanan Web Amazon, tidak seperti perusahaan lain, karena perangkat lunak lama dan bisnis videogame berkembang pesat.

Sementara para pesaingnya menghadapi masalah pertumbuhan dan regulasi, Microsoft tampaknya menjadi target yang aman bagi investor teknologi saat mereka bersiap untuk mengakhiri tahun fiskal dengan laporan Kamis.

Saham UNH, + 0,75% laporan UnitedHealth Group Inc. Kamis pagi akan menjadi indikator awal yang penting bagi sektor kesehatan, yang telah menghadapi beberapa pertanyaan sulit tahun ini.

Untuk dua saham pemula akan melakukan debut pendapatan mereka setelah booming penawaran umum perdana. Toko makanan hewan online Chewy Inc. CHWY, -3,51% dan perusahaan cybersecurity CrowdStrike Holdings Inc. CRWD, + 2,10% akan membuat pendapatan mereka debut pada Kamis sore setelah kenaikan kuat dalam perdagangan publik awal.

Saham Morgan Stanley MS, -1,49% dan COF Capitol One Financial Corp, -1,93% akan melanjutkan parade pendapatan bank, mengikuti hasil awal minggu ini dari JP Morgan Chase & Co. JPM, -0,98%, Citibank C, -0,70 %, Bank of America Corp BAC, + 0,69% dan Wells Fargo & Co. WFC, -0,20%.

Saham DowIA Industrial Average DJIA, -0,42% komponen diharapkan untuk dilaporkan: Microsoft dan UnitedHealth

Indeks S&P 500 SPX, -0,65% komponen diharapkan melaporkan: 22, termasuk Honeywell International Inc. HON, -3,52% dan Philip Morris International Inc. PM, -0,65%. (INILAHCOM)

Loading...