Langgar Kode Etik, 2 Hakim di Jabar Disanksi Ringan

Langgar Kode Etik, 2 Hakim di Jabar Disanksi Ringan
Ilustrasi/Inilahkoran

INILAH, Bandung- Komisi Yudisial (KY) memutuskan 58 hakim dikenakan sanksi. Mereka terbukti melanggar Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH). Dua di antaranya hakim yang bertugas di Jabar diberikan sanksi ringan.

Adapun kualifikasi perbuatan hakim yang dinyatakan terbukti melanggar KEPPH didominasi oleh perilaku tidak profesional sebanyak 36 orang, tidak berprilaku adil sebanyak 13 orang, dan selingkuh  sebanyak dua orang.

Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Layanan Informasi KY,  Farid Wajdi menyebutkan, ke-58 hakim yang diputuskan bersalah setelah KY melakukan tahapan pemeriksaan dan sidang pleno. Dengan rincian, sebanyak 43 hakim terlapor dijatuhi sanksi ringan, 10 hakim terlapor dijatuhi sanksi sedang, dan 5 orang hakim terlapor dijatuhi sanksi berat.

"Terdapat dua hakim terlapor dari Jabar yang melanggar KEPPH dan dijatuhi sanksi ringan," katanya di hadapan wartawan saat menggelar workshop Sinergisitas KY dengan Media Massa, Hotel Aston Braga, Jalan Braga, Kamis (18/7/2019).

Menurutnya, hasil putusan sidang pleno yang dilakukan KY sudah disampaikan ke Mahkamah Agung (MA) untuk ditindaklanjuti eksekusinya. Namun, hingga kini MA baru menindaklanjuti tiga kasus, dan sudah diajukan ke majelis kehormatan hakim.

Kemudian, lanjutnya, sebanyak 25 putusan usulan KY hingga kini masih belum ditindaklanjuti, sementara delapan putusan sanksi tidak bisa ditindaklanjuti MA dengan alasan itu masuk pada tekhnis yudisial.

"Untuk 22 putusan yang tersisa, KY masih melakukan proses minutasi putusan," ujarnya.(Ahmad Sayuti)