HWC 2019 Siap Berangkat ke Cardiff

HWC 2019 Siap Berangkat ke Cardiff
Tim Rumah Cemara yang akan mewakili Indonesia di ajang Homeless World Cup (HWC) 2019. (Istimewa)

INILAH, Bandung - Rumah Cemara akan mewakili Indonesia di ajang Homeless World Cup (HWC) 2019 di Cardiff, Wales 24 Juli-3 Agustus 2019 mendatang. Di HWC 2019, Indonesia akan bersaing dengan 69 negara lainnya.

Direktur Eksekutif Rumah Cemara, Aditia Taslim mengatakan, pihaknya tengah fokus di ajang HWC 2019 ini. Tahun lalu ada beberapa pemain yang berasal dari Kota Bandung. Pada tahun ini pihaknya ingin fokus mengembalikan prinsip Homeless Cup ke asalnya.

"Artinya kita memberikan kesempatan ke orang-orang yang layak dapat mendapatkan kesempatan seumur hidup sekali," ujar Aditia kepada wartawan, pada Jumat (19/7/2019).

Dia menambahkan, materi pemain pada HWC mayoritas berasal dari Kota Bandung. Menurutnya dalam pemilihan pemain, pihaknya memprioritaskan kepada yang lebih membutuhkan.

"Tahun lalu itu ada beberapa pemain yang berasal dari luar kota Bandung, kali ini delapan orang yang berangkat itu tujuh dari Bandung dan satu dari Kabupaten Bandung. Tahun ini fokus memilih pemain yang memang layak untuk pergi. Kami tidak melihat skill sepak bolanya," imbuhnya.

Materi pemain yang ada di Tim Cemara kali ini adalah para konstituen Rumah Cemara. Pihaknya memilih berdasarkan konstituen Rumah Cemara, Orang HIV AIDS, Napza, Pekerja Seks, Wanita HIV AIDS, laki-laki guy, Waria.

Tahun ini persiapan tim untuk HWC 2019 dinilai lebih ringan dibandingkan tahun sebelumnya. Menurutnya, materi pemain yang mayoritas berasal dari Kota Bandung dapat menekan biaya akomodasi.

"Karena personil kebanyakan dari Bandung, secara logistik juga kita lebih mudah. Jujur, tiga tahun terakhir kami cukup kesulitan karena lokasi diadakannya Homeles World Cup itu selalu di lokasi yang tergolong memakan biaya cukup tinggi," tambahnya.

Sebelumnya, Indonesia telah mengikuti HWC sejak tahun 2011. Pada debutnya, Indonesia mampu berada di peringkat keenam dan meraih penghargaan sebagai Best New Comer. Saat ini, Indonesia berada pada peringkat 14 dari 70 negara yang mengikuti perhelatan HWC itu. 

“Orang yang latar belakangnya seperti itu, dipastikan mempunyai kesempatan untuk maju. Dengan akses sesuai yang diminati dan intinya berkontribusi untuk masyarakat,” tuturnya.

Berikut sejumlah nama pemain yang berangkat mengikuti perehatan HWC 2019. Nurdin Supriyadi (penjaga gawang), Dea Ahmad Restuna (penjaga gawang), Yudhistira Adi Reksa, Riksfian Hakim Al Qodar, Lifan Auchep. V, M Ramdan, Hendra Firdiansyah, dan Isye Sulistiawati. (Okky Adiana)