Pengguna Gojek Terlindungi Asuransi Jasa Raharja

Pengguna Gojek Terlindungi Asuransi Jasa Raharja
Ilustrasi/Net

INILAH, Jakarta- PT Jasa Raharja (Persero) dan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) terkait pemberian asuransi kepada pengguna layanan transportasi online Gojek tersebut.

MoU antara PT Jasa Raharja dan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa sendiri dilakukan di Hotel Fairmont Senayan, Jakarta, Jumat (19/7/2019).

Direktur Operasional Jasa Raharja Amos Sampetoding mengatakan penumpang jasa angkutan berbasis daring Gojek terutama yang menggunakan kendaraan roda empat (mobil) bakal terlindungi oleh asuransi kecelakaan Jasa Raharja.

Dia menjelaskan, sampai saat ini perlindungan asuransi sosial yang diberikan Jasa Raharja hanya terhadap angkutan umum konvensional, di samping asuransi sosial untuk korban kecelakaan lalu lintas di jalan.

Sedangkan angkutan umum berbasis daring belum masuk ke dalam program perlindungan Jasa Raharja, karena undang-undang belum mengatur tentang angkutan umum online.

Namun perlindungan asuransi akan diberikan bagi penumpang transportasi daring yang menggunakan kendaraan roda empat atau mobil, karena sesuai Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, yang masuk kategori angkutan umum masih kendaraan roda empat. Sedangkan untuk sepeda motor masih belum.

Berarti dengan kerja sama itu, seluruh penumpang Gojek dalam hal ini Gocar akan terlindungi oleh asuransi Jasa Raharja. Bila penumpang Gocar mengalami kecelakaan akan mendapat santunan, seperti pada penumpang angkutan reguler yang bila mengalami kecelakaan dapat santunan meninggal dunia (Rp50 juta), atau cacat tetap maupun luka-luka (Rp20 juta hingga Rp25 juta).[