Pemkot Tasikmalaya Rangkul Anak Muda Jaga Lingkungan Hidup

Pemkot Tasikmalaya Rangkul Anak Muda Jaga Lingkungan Hidup
istimewa

INILAH, Tasikmalaya - Wakil Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf menghadiri perayaan hari jadi pertama Komunitas Penggiat Alam Tasikmalaya Rami Jenggala, akhir pekan lalu.

Bertempat di Situ Gede Kota Tasikmalaya, perayaan sederhana itu dihadiri Bidang Lingkungan Hidup, Karang Taruna, dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Tasikmalaya. Selain itu, sejumlah tokoh masyarakat dan komunitas pecinta alam se-Kota Tasikmalaya pun hadir di kawasan danau seluas 47 hektare tersebut. 

"Saya senang generasi muda yang cinta lingkungan hidup. Pengelolaan lingkungan itu bukan hanya tugas pemerintahan saja. Anak-anak muda, saya mengajak ayo mulai sekarang ikut menjaga lingkungan agar tetap hijau dan asri," kata Yusuf, Minggu (14/7/2019).

Menurutnya, pengelolaan lingkungan itu tak hanya sekadar bersih-bersih semata. Keberlangsungan lingkungan itu sesuai dengan kebutuhan manusia. Tak sedikit perubahan gaya hidup manusia itu mengubah sumber daya alam dan energi. Kerusakan dan pencemaran lingkungan yang saat ini terjadi diakuinya menunjukkan laju konservasi dan pemulihan lingkungan itu tidak berbanding lurus.

Meski demikian, dia mengharapkan kegiatan bersih-bersih Situ Gede itu bisa menjadi momentum perubahan perilaku masyarakat. Selain memberikan dampak kelestarian lingkungan hidup, kondisi bersih itu pun berdampak pada kondisi kesehatan masyarakat.

"Kepada para pengusaha di sekitar kawasan Situ Gede pun, saya harapkan mereka bisa bersama-sama menjaga lingkungan hidup sekitar. Toh, kelestarian lingkungan hidup itu bisa meningkatkan potensi wisata Kota Tasikmalaya," sebutnya. (*)