Kesbangpol Kota Bandung Laksanakan Jambore Ormas

Kesbangpol Kota Bandung Laksanakan Jambore Ormas
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Bandung Ferdi Ligaswara, membuka acara Jambore Ormas tingkat Kota Bandung di Hotel Grand Paradise, Lembang, Kamis (18/7/2019).

INILAH, Bandung - Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Bandung Ferdi Ligaswara, membuka acara Jambore Ormas tingkat Kota Bandung di Hotel Grand Paradise, Lembang, Kamis (18/7/2019).

Acara ini merupakan upaya Kesbangpol Kota Bandung untuk terus melakukan pembinaan terhadap organisasi masyarakat dan komunitas yang ada di Kota Bandung sehingga potensi yang ada di masyarakat itu meningkat kinerjanya.

“Organisasi masyarakat atau lembaga swadaya masyarakat di Kota Bandung sangat banyak, ini merupakan potensi masyarakat yang harus dirangkul dan diajak bersama pemerintah untuk bersama-sama membangun Kota Bandung,” ujar Ferdi Ligaswara, seperti disampaikan pada sambutan dalam pembukaan acara tersebut.

Pada kesempatan itu, Kesbangpol Kota Bandung mengundang beberapa narasumber yang menyampaikan materi kepada para peserta Jambore Ormas. Seperti, Sekretaris Forum Ormas Jabar Ahyat, Kepala Kesbangpol Provinsi Jawa Barat Herri Hudaya, dan Inspektorat Kota Bandung.

“Ayo ormas atau LSM di Kota Bandung untuk terus menjalin silaturahmi dan saling bekerja sama. Sehingga, bila ormas dan LSM kondusif, tidak bertengkar, juga akan menjaga Kota Bandung tetap kondusif,” ajak Ahyat saat memberi materi kepada para peserta.

Dari data yang diperoleh, para ormas yang diundang Kesbangpol Kota Bandung tercatat ada lebih dari 60 organisasi. Tiap-tiap ormas mengirimkan pengurus hariannya untuk menghadiri Jambore Ormas ini. Bahkan, menurut Kabid Poldagri Kesbangpol Kota Bandung, Inci Dermaga, Jambore Ormas ini pertama diselenggarakan untuk tingkat Kota Bandung, setelah sebelumnya dilaksanakan di tingkat Jawa Barat.

Di samping itu, Kepala Kesbangpol Provinsi Jawa Barat, Herri Hudaya, berkenan hadir langsung memberikan materi pembinaan kepada ormas di Kota Bandung. Dia mengajak, pengurus ormas yang hadir untuk menumbuhkan rasa optimis bersama-sama pemerintah mengawal pembangunan Indonesia untuk lebih maju, khususnya di Kota Bandung.

Ormas merupakan organisasi masyarakat nonpemerintah yang merupakan rekan sejajar dan sebagai kontrol sosial jalannya pemerintahan yang ada di daerahnya.

Untuk itu, bila aparatur pemerintah benar-benar melayani masyarakat dan organisasi masyarakatnya terus mengontrol jalan pemerintahan tetap pada jalur dan aturannya, maka cita-cita menjadi masyarakat dan pemerintahan yang maju akan tercapai.

Jambore Ormas ini sendiri dilaksanakan selama dua hari pada Kamis-Jumat (18-19/7/2019). Hari pertama, para peserta mendapatkan materi dan pembekalan dari para narasumber yang sangat berkompeten.

Hari kedua, pengurus ormas yang hadir diajak saling mempererat dan saling mengenal teman dan rekan sesama pengurus organisasi masyarakat dalam kegiatan outbound dan game keakraban. Harapannya, dari acara Jambore Ormas ini terjalin silaturahmi dan saling bekerja sama mendukung upaya pemerintah melayani masyarakatnya. Juga, meningkatkan kinerja ormas yang sesuai dengan tugas, fokus, dan kompetensinya. (Suro Prapanca)

Loading...