Menag Lukman Dianggap Gagal, Ini Pembelaan PPP

Menag Lukman Dianggap Gagal, Ini Pembelaan PPP
Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin. (Antara Foto)

INILAH, Jakarta- Wasekjen PPP Achmad Baidowi membantah penilaian PKB yang menyebut Lukman Hakim Saifuddin gagal menjalankan tugas sebagai Menteri Agama (Menag).

"Parameter pengukur kinerja kementerian bukan kapasitas dari seorang pribadi-pribadi. Menteri Agama itu patuh dan loyal bertanggung jawab kepada presiden," katanya di d'Consulate, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Sabtu (20/7/2019).

Menurutnya keberhasilan juga dinilai dari prestasi. Dimana Lukman juga banyak mencetak prestasi saat menjabat. Antara lain opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK hingga penghargaan atas kinerjanya dalam mengelola haji.

"Ya saya kira ada sisi-sisi positif. Kan tidak mungkin semua orang itu sempurna. Jangan pula ada satu hal yang kaitannya tadi dengan persoalan di internal, seperti pembinaan ASN, kan sudah mulai dilakukan. Tapi kan Kementerian Agama ini kan bukan seperti kementerian yang lain. Strukturnya mulai dari atas sampai yang paling bawah itu lho," ujarnya.

Sebelumnya, Wasekjen PKB Maman Imanulhaq menilai Lukman bukan seorang petarung. Dia menyebut Lukman malah terkunci oleh anak buahnya sehingga banyak masalah yang tidak sampai kepadanya.

Dia pun dengan tegas menyebut Lukman gagal. Bahkan, Maman juga mengungkit jeleknya kondisi parkir di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) dan mengaitkannya dengan menteri-nya.

"Gagal, betul gagal. Bukan hanya soal kinerja. Bapak datang deh ke Lapangan Banteng, tidak pernah ada sebuah Kementerian yang parkirnya paling jelek, kecuali Kementerian Agama. Parkirnya aja jelek, apalagi menterinya gitu," katanya. (Inilah.com)