Karena Peduli, Warga Ikut Bebersih Stadion GBLA 

Karena Peduli, Warga Ikut Bebersih Stadion GBLA 
Warga membersihkan kotoran yang berserakan di sekitar Stadion GBLA. (Okky Adiana)

INILAH, Bandung - Mereka membersihkan ilalang dan sampah yang ada di kawasan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Bukan karena kotor, melainkan stadion ini rusak dan terbengkalai. 

Baik perempuan maupun laki-laki, dari berbagai usia bergabung gotong royong melakukan pembersihan ini. Mereka membawa sejumlah perlengkapan mulai dari sapu, pengki hingga alat pembersih lain. Mereka menyisir setiap titik area luar stadion yang dianggap perlu dibersihkan, terutama rumput-rumput liar dan ilalang tumbuh menjuntai tinggi. 

Salah satu peserta Yanuar mengaku, kegiatan ini dilakukan atas dasar rasa kepedulian sebagai warga Bandung. Mahasiswa Univesitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) ini pun turut bebersih membersihkan Stadion GBLA.

"Banyak ilalang ketinggiannya hampir lebih 2 meter. Itu kan tinggi banget, Alhamdulilah kita bersihkan semua," ujar Yanuar akhir pekan lalu.

Menurut Yanuar sebagai warga yang cinta Kota Bandung ia dan teman-temannya merasa terpanggil dan turut bertanggung jawab terhadap kondisi yang kini di alami oleh Stadion GBLA yang merupakan salah satu aset dari Pemerintah Kota Bandung

Dalam acara tersebut, hadir pula Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung Eddy Marwoto. Hari sebelumnya, Jumat (19/7/2019), Bebersih GBLA diikuti oleh 500 orang dari target awal 100 orang.

“Awalnya, kami share di media sosial kita (mengenai ‘Beberes GBLA’, red) dan respon masyarakat begitu luar biasa. Ini adalah bukti kecintaan kita sebagai insan olahraga Kota Bandung terhadap Stadion GBLA tentunya,” ujar Eddy.

Sektor barat dan timur menjadi area yang dibenahi oleh para komunitas dan relawan Bebersih GBLA. Kegiatan Bebersih GBLA hari ini melanjutkan kegiatan yang sama di hari kemarin. Selain itu, Eddy juga menyebutkan, kegiatan Bebersih GBLA ini akan terus berkesinambungan.

“Setelah ini, kami akan melakukan evaluasi. Tindak lanjutnya, minggu depan mungkin kita akan benahi lagi sektor-sektor lainnya,” ujar Eddy.

Sementara itu, Sekjen Tim Cepat Tanggap (TCT) salah satu penggagas acara Bebersih GBLA, Rizki Rukhiyat mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mencintai fasilitas milik Kota Bandung, khususnya Stadion GBLA.

“Mari kita gerak. Kita buktikan, jika memang cinta Kota Bandung atau cinta sepakbola Bandung,” ajaknya.

Ia juga bersyukur, kegiatan Bebersih GBLA ini memiliki output positif, karena dalam dua hari, wajah sektor barat dan timur Stadion GBLA sudah berangsur rapi.

“Tidak hanya GBLA saja. Masih ada Alun-alun Bandung, atau sungai-sungai di Kota Bandung, yang semuanya merupakan fasilitas yang harus kita rawat bersama,” pungkasnya.

Bebersih GBLA pada Sabtu (20/7/2019) ini juga melibatkan beberapa dinas terkait dari Pemerintah Kota Bandung seperti Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bandung, juga Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung. (Okky Adiana)