KPU Tetapkan Parpol Terpilih 55 Kursi DPRD Kabupaten Bandung

KPU Tetapkan Parpol Terpilih 55 Kursi DPRD Kabupaten Bandung
Foto: Dani R Nugraha

INILAH, Bandung - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung menetapkan perolehan kursi partai politik dan calon legislatif (caleg) terpilih pada Pemilu 2019.  Dalam rapat pleno terbuka itu, diketahui lebih dari 50% anggota DPRD Kabupaten Bandung periode 2019-2024 merupakan wajah baru. 

"Hari ini pleno tahapan formal terakhir Pemilu 2019 yakni rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan caleg terpilih DPRD Kabupaten Bandung," kata Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya di Hotel Sahid Soreang, Minggu (21/7/2019).

Dia mengatakan, penetapan dilakukan berdasarkan arahan KPU pusat. Pasalnya, hasil Pemilu di Kabupaten Bandung tidak diperselisihkan di Mahkamah Konstitusi (MK) itu bisa melakukan rapat pleno terbuka penetapan.

"Alhamdulillah selesai secara konten dan disepakati. Kami sahkan perolehan kursi dan calon terpilih," ujarnya. 

Menurutnya, jika penandatangan penetapan sudah dilakukan selanjutnya akan diserahkan berita acara. Dia merinci, jumlah kursi di DPRD Kabupaten Bandung kini bertambah. Pada 2014 terhitung sebanyak 50 kursi kini menjadi 55 kursi. Sebarannya, PKB mendapatkan 6 kursi, Gerindra (7 kursi), PDIP (7 kursi), Golkar (11 kursi), Nasdem (5 kursi), PKS (10 kursi), PAN (4 kursi), dan Demokrat (5 kursi). Sedangkan, PPP dan Hanura ditetapkan tidak memperoleh kursi satu pun.

"Ada perubahan pada 2014, PKB dulu 5 kursi sekarang 6 kursi. Gerindra tetap 7 kursi. PDIP 2014 8 kursi sekarang jadi 7 kursi. Golkar dari 12 kursi jadi 11 kursi sekarang. Nasdem 2 kursi jadi 5 kursi. PKS dari 7 kursi jadi 10 kursi. PPP dari satu kursi jadi nol kursi, PAN 2 kursi jadi 4 kursi, Hanura dari satu kursi jadi nol kursi, dan Demokrat tetap 5 kursi," katanya.

Dari 55 anggota DPRD Kabupaten Bandung terpilih itu, Agus mengaku banyak wajah baru di parlemen. Menurutnya, dari PKB wajah baru yang terpilih 5 orang, Gerindra satu wajah baru, PDIP tiga wajah baru, Golkar 4 anggota baru, Nasdem 4 anggota baru, PKS 8 anggota baru, PAN semuanya wajah baru, dan Partai Demokrat tiga wajah baru.

"Dari jenis kelamin, dari 50 kursi pada 2014 itu sebanyak 36 laki-laki dan 14 perempuan. Sekarang, untuk 55 kursi itu terdapar 47 laki-laki dan 8 perempuan. Memang, porsi perempuannya kini semakin kecil," ujarnya.

Terkait dengan pelantikan sendiri, Agus menjelaskan hal tersebut merupakan kewenangan gubenur Jawa Barat. Untuk itu, ada beberapa persyaratan dari KPU yang akan diberikan kepada gubernur melaui bupati. 

"Pelantikan itu diperkirakan berbarengan dengan hari terakhir (DPRD) periode sekarang,"ujarnya. (Dani R Nugraha)