Kemenag Sebut Bendera di MAN 1 Sukabumi bukan HTI

Kemenag Sebut Bendera di MAN 1 Sukabumi bukan HTI
Foto: Net

INILAH, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) menyatakan, foto bendera di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Sukabumi yang mengibarkan bendera bertuliskan kalimat tauhid di halaman sekolah tidak terkait dengan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

"Berdasarkan penjelasan mereka dan keterangan sejumlah pihak, untuk sementara kami berkesimpulan bahwa tidak ada indikasi keterkaitan dengan HTI," kata Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Kemenag, Ahmad Umar dalam keterangan tertulis, Minggu (21/7/2019).

Pihaknya langsung melakukan investigasi begitu mendapat laporan mengenai pengibaran bendera tersebut. Masih dari hasil investigasi, para siswa tidak mengetahui mengenai bendera yang mirip dengan HTI. Kemudian, pengibaran dilakukan untuk menarik minat siswa baru untuk bergabung dengan eskul sekolah.

"Namun demikian, kami masih terus melakukan penelusuran untuk mendapatkan data lebih komprehensif. Jika ternyata ditemukan unsur pidana, kami serahkan kepada penegak hukum," ujarnya.

"Tadi disepakati juga bahwa Kepala Kankemenag Sukabumi akan segera melakukan pembinaan ke seluruh madrasah setempat agar tidak terjadi kasus serupa serta tidak terpapar paham ekstrem dan pengaruh ormas terlarang," tambahnya. (INILAHCOM)

Loading...