Kasus Suap APBN, KPK Periksa Anggota DPR

Kasus Suap APBN, KPK Periksa Anggota DPR
Foto: Net

INILAH, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan agenda pemeriksaan terhadap Anggota DPR Komisi XI, Sukiman, Senin (22/7/2019).

Sukiman, bakal diperiksa dalam kasus dugaan korupsi pengurusan dana perimbangan pada APBN-P 2017 dan APBN 2018 untuk Kabupaten Pegunungan Arfak periode 2017-2018.

"Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka NPS (Natan Pasomba, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kab. Peg. Arfak)," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah dikonfirmasi.

Adapun Sukiman dalam kasus ini telah berstatus sebagai tersangka. Selain Sukiman, KPK juga memanggil Tenaga Ahli Fraksi PAN DPR Suherlan, serta Mantan Kasi Perencanaan DAK Non Fisik, Dirjen Perimbangan Keuangan Rifa Surya.

Sama seperti Sukiman, keduanya juga akan diperiksa sebagai saksi untuk Natan. Dalam kasus ini, Sukiman diduga menerima Rp 2,65 Miliar dan USD 22 ribu dari Natan.

Uang itu diberikan guna mengatur penetapan alokasi anggaran dana perimbangan dalam APBN-P 2017 dan APBN 2018 untuk Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat. (INILAHCOM)